PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SDN SUMURWELUT III MELALUI PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH

 Abstract views: 72

Authors

  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Arif Mahya Fanny Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rarasaning Satianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rosmiati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/kanigara.v3i2.7980

Keywords:

Pengabdian, Guru, karya ilmiah

Abstract

Penulisan ilmiah merupakan suatu tuntutan sebagai seorang guru profesional yang selalu menjaga tradisi ilmiah dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensi. Namun banyak guru di SDN Sumurwelut III yang belum secara konsisten menulis karya ilmiah. Hal tersebut menjadi sebuah kebutuhan sekolah mitra dari kampus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya untuk dilakukan pendampingan penulisan karya ilmiah melalui kelompok dosen dari Program Studi PGSD. Permasalahan minimnya wawasan guru dalam hal penulisan ilmiah menjadi kegiatan pokok dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Pada Kegiatan PkM yang dilakukan kelompok dosen ini bertujuan memberikan solusi dan kemanfaatan bagi guru dalam penulisan ilmiah, sehingga guru semakin profesional dengan adanya karya ilmiah yang dimiliki. Selain itu menambah wawasan bagi guru untuk menyusun karya ilmiah. Kegiatan PkM ini mendapatkan respon baik dari para guru. Dengan harapan setelah melaksanakan kegiatan pendampingan tersebut, guru dapat membuat publikasi karya tulis ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Patrikha, F., D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal Abdi.

Rahman, A., & Gutama, A. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Profesionalisme Guru melalui Workshop Penulisan Karya Ilmiah dan. 3(1), 11–17.

Rusdarti, Slamet, A., & Sucihatiningsih. (2018). Pembuatan Publikasi Ilmiah Melalui Workshop dan Pendampingan bagi Guru SMA Kota Semarang. Rekayasa, 16(2), 271–280. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/17562

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles PkM