WORKSHOP PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI BEBERBASIS KONTEN DI SDN SAMPANG AGUNG KABUPATEN MOJOKERTO

 Abstract views: 43

Authors

  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wahyu Susiloningsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dian Kusmaharti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/kanigara.v4i2.9374

Keywords:

Kompetensi Guru, Perbelajaran Berdeferensiasi Berbasis Konten

Abstract

Differentiated learning in elementary schools (SD) is something that needs to be implemented by educational units. To realize good differentiated learning at the elementary school level, PGSD UNIPA Surabaya carried out a Workshop on Increasing Teacher Competency in Content-Based Differentiated Learning. This training population was carried out at SDN Kutorejo, Mojokerto Regency and the training sample was at SDN Sampang Agung Kutorejo, Mojokerto Regency. Data collection techniques use observation, documentation and filling out satisfaction questionnaires. The results of this training were that one hundred percent of participants were satisfied with the Workshop on Improving Teacher Competency in Content-Based Differentiated Learning, the participants' abilities increased from a score of 50 to 80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74

Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., Rohmah, N. D., Putri, A. K., Arista, A. D., Sari, D. W., Komara, O. C. R., & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23049

Nefianthi, R., Adawiyah, R., Maulana, F., Mukti, B. H., Syarwani, A., & Wilantara, I. M. D. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Berdeferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Dalam Merdeka Belajar. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.35130/bbjm.v4i1.437

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(September).

Prasmono, A., Margareta, D., Ekowati, N. D., Enshanty, Y., Agus, M., Efendi, I. R., Hadibasyir, H. Z., Susatyo, J., Heriyanto, D., & Anggraheny, K. R. (2023). Resonansi Pemikiran ke-24: Pengembangan Metode, Teknologi Pembelajaran dan Memproduk Guru Berkarakter. In books.google.com.

Primasatya, N., Mujiwati, E. S., Damariswara, R., Basori, M., Saidah, K., Nurfianto, D. M., & Bintari, L. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i2.21407

Sasmito, E. (2023). Upaya Mewujudkan Student Well Being melalui Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdefrensiasi di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(1). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v3i1.542

Sri Kis Untari. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiensi Pada Kegiatan Intrakulikuler, Ko-Kulikuler/P5 Dan Ekstrakulikuler dengan Strategi Vianestik. Inventa, 7(1). https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7111

Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1).

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles PkM