WORKSHOP PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI BEBERBASIS KONTEN DI SDN SAMPANG AGUNG KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract views: 43DOI:
https://doi.org/10.36456/kanigara.v4i2.9374Keywords:
Kompetensi Guru, Perbelajaran Berdeferensiasi Berbasis KontenAbstract
Differentiated learning in elementary schools (SD) is something that needs to be implemented by educational units. To realize good differentiated learning at the elementary school level, PGSD UNIPA Surabaya carried out a Workshop on Increasing Teacher Competency in Content-Based Differentiated Learning. This training population was carried out at SDN Kutorejo, Mojokerto Regency and the training sample was at SDN Sampang Agung Kutorejo, Mojokerto Regency. Data collection techniques use observation, documentation and filling out satisfaction questionnaires. The results of this training were that one hundred percent of participants were satisfied with the Workshop on Improving Teacher Competency in Content-Based Differentiated Learning, the participants' abilities increased from a score of 50 to 80.
Downloads
References
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Menerapkan Pembelajaran Berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74
Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., Rohmah, N. D., Putri, A. K., Arista, A. D., Sari, D. W., Komara, O. C. R., & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23049
Nefianthi, R., Adawiyah, R., Maulana, F., Mukti, B. H., Syarwani, A., & Wilantara, I. M. D. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Berdeferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Dalam Merdeka Belajar. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.35130/bbjm.v4i1.437
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(September).
Prasmono, A., Margareta, D., Ekowati, N. D., Enshanty, Y., Agus, M., Efendi, I. R., Hadibasyir, H. Z., Susatyo, J., Heriyanto, D., & Anggraheny, K. R. (2023). Resonansi Pemikiran ke-24: Pengembangan Metode, Teknologi Pembelajaran dan Memproduk Guru Berkarakter. In books.google.com.
Primasatya, N., Mujiwati, E. S., Damariswara, R., Basori, M., Saidah, K., Nurfianto, D. M., & Bintari, L. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Kecamatan Banyakan Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i2.21407
Sasmito, E. (2023). Upaya Mewujudkan Student Well Being melalui Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdefrensiasi di SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(1). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v3i1.542
Sri Kis Untari. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiensi Pada Kegiatan Intrakulikuler, Ko-Kulikuler/P5 Dan Ekstrakulikuler dengan Strategi Vianestik. Inventa, 7(1). https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7111
Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Danang Prastyo, Wahyu Susiloningsih, Dian Kusmaharti, Ida Sulistyawati, Achmad Fanani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.