KURIKULUM MERDEKA: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK

 Abstract views: 75

Authors

  • Muhammad Nurrohman Jauhari Pendidikan Khusus, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aulia Dwi Shanty SMP Negeri 4 Surabaya
  • Alsyah Asfarina Subekti Pendidikan Khusus, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Adi Syahrul Romadlon SD Negeri Besowo 2

DOI:

https://doi.org/10.36456/kanigara.v4i2.9402

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berpusat pada peserta didik

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan Kurikulum Merdeka: Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Peserta Didik. Medote pelaksanaan yaitu a). perencanaan, b). pelaksanaan dan c). evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan bahwa kurikulum merdeka: pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada peserta didik memberikan dampak yang baik bagi guru. Keberhasilan peningkatan pengetahuan peserta ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil pre-test 60,25 meningkat menjadi 82,30 pada nilai rata-rata post-test

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dixon, F. A., Yssel, N., McConnell, J. M., & Hardin, T. (2014). Differentiated instruction, professional development, and teacher efficacy. Journal for the Education of the Gifted, 37(2), 111-127.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.

Pham, H. L. (2012). Differentiated instruction and the need to integrate teaching and practice. Journal of College Teaching & Learning (Online), 9(1), 13.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Rao, K., & Meo, G. (2016). Using universal design for learning to design standards-based lessons. Sage Open, 6(4), 2158244016680688.

Rofiah, K., Isroani, F., & Jauhari, M. N. (2023). Breaking Barriers: Examining Inclusive Education in Islamic Schools through the Merdeka Belajar Curriculum. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 4(1), 42-49.

Tomlinson, C. A. (2017). Differentiated instruction. In Fundamentals of gifted education (pp. 279-292). Routledge.

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles PkM