Pengaruh Kompensasi dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan

 Abstract views: 328

Authors

  • Muhammad Rumakway
  • subakir subakir

Keywords:

kompensasi, karakteristik pekerjaan, kepuasan kerja karyawan

Abstract

Kepuasan kerja adalah harapan seseorang akan kebutuhan atau nilai yang menurut perasaannya atau persepsinya telah diperoleh atau dicapai melalui pekerjaannya. Untuk â–ºnemperoleh kepuasan kerja seseorang dapat dilakukan dengan â–ºnelaksanakan pekerjaan secara maksimal sehingga secara keseluruhan pekerjaannya dapat menghasilkan kompensasi yang diterima sesuai dengan pengorbanan yang diberikan dalam pekerjaanya. 
Pemberian kompensasi perlu diperhitungkan terhadap karakteristik dari tiap-tiap jenis pekerjaan sehingga kepuasan kerja pada setiap karakteristik pekerjaan yang berbeda akan berbeda pula dalam pengarnbilan kebijalcan dari suatu perusahaan. 
Permasalah yang diajukan dalam penelitian ini 1). adalah adakah pengaruh kompensai dan karakteristik pekerjaan secara simultan terhadap kepuasan kerja. 2). apakah kompensai dan karakteristik pekerjaan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan kerja. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan, adapun sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah 47 orang karyawan PT. Purnama Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Tinier berganda. 
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan hasil pengujian secara simultan didapatican bahwa variabel kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian secara parsial didapatkan bahwa variabel kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja clan variabel karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-01-10

How to Cite

Rumakway, M., & subakir, subakir. (2018). Pengaruh Kompensasi dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan. Majalah Ekonomi, 17(1). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1217

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)