EFEKTIVITAS PROMOSI DITINJAU DARI PROFIL MAHASISWA ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

 Abstract views: 75

Authors

  • Yuni Sukamdani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

promosi, profil mahasiswa

Abstract

Profil mahasiswa adalah pandangan seseorang atau sosok yang sedang mendalami ilmu pengetahuan di perguruan tinggi. Profil mahasiswa meliputi kehidupan mahasiswa yang ditinjau dari berbagai aspek, jenis kelamin, usia, katagori pekerjaan, sumber dana latar belakang pendidikan mahasiswa sebelum masuk perguruan tinggi, pengenalan UNIPA, asal daerah mahasiswa, serta kesukaan akan media yang dibaca, dilihat atau didengar. Profil mahasiswa dapat digunakan sebagai pertimbangan pelaksanaan promosi kedepan, sebab dari profil tersebut dapat diungkap karakteristik dari mahasiswa UNIPA Surabaya, sehingga para duta promosi lebih efektif dan efisien dalam menuju target.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana profil mahasiswa angkatan 2012, (2) menentukan strategi promosi kedepan yang lebih efektif. Rancangan penelitian diartikan sebagai strategi mengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan penelitian. Menurut jenis datanya, penelitian ini termasuk penelitian dengan data kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui 80,3% mahasiswa angkatan 2012 berjenis kelamin perempuan dan sisanya sebanyak 19,7% berjenis kelamin laki-laki. Mayoritas mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana berusia antara 18-21 sebanyak 91.7%. Mayoritas mahasiswa yang berusia 18-21 sebesar 85,8% tidak dalam posisi bekerja. Mahasiswa angkatan 2012 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memperolah informasi dari keluarga sendiri sebanyak 41%, dan memperoleh informasi dari teman sebanyak 33.7%. Mayoritas mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berasal dari daerah Jawa sebesar 94.6%. Dari tabel silang yang memuat hubungan diantara kedua variabel, mayoritas mahasiswa baru berasal dari asal sekolah SMA sebanyak 65.7%, sedangkan mahasiswa yang berasal dari sekolah SMK sebanyak 26.3%. Mayoritas sumber biaya mahasiswa baru angkatan 2012 berasal dari orang tua sebanyak 88.0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-07-01

How to Cite

Sukamdani, Y. (2014). EFEKTIVITAS PROMOSI DITINJAU DARI PROFIL MAHASISWA ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Majalah Ekonomi, 18(1). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1279

Issue

Section

Artikel