ANALISA KELAYAKAN USAHA BUAH BENGKUANG SEBAGAI PRODUK CAMILAN KRUPUK GORENG PASIR NON KOLESTEROL

 Abstract views: 253

Authors

  • subakir subakir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

bengkuang, krupuk, goreng pasir, non kolesterol

Abstract

Peran industri kecil yang berbasis pertanian pada saat ini dirasakan semakin diperlukan. Salah satu jenis industri kecil berbasis pertanian (agroindustri) yang relatif tahan terhadap gangguan krisis ekonomi adalah industri kecil pengolahan pangan. Bengkuang adalah salah satu produk pertanian asli dari kecamatan Wringinanom dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat makanan olahan, sehingga menambah deversifikasi makanan olahan dari buah bengkoang. Penelitian ini dilakukan untuk menjadikan bengkuang sebagai krupuk bengkuang dan menggorengnya secara tradisional tanpa minyak dengan media pasir, sehingga menghasilkan krupuk non kolesterol. Hasil produk krupuk bengkuang non kolesterol ini menarik bagi konsumen, mengingat banyaknya penyakit yang disebabkan oleh kandungan kolesterol yang tinggi dari hasil penggorengan dengan minyak, sehingga konsumen sekarang beralih pada produk makanan yang rendah kolesterol. Produk krupuk bengkoang non kolesterol ini menjadi peluang pasar yang menarik bagi konsumen yang menyukai krupuk.
Permasalahan apakah menguntungkan jika buah bengkuang dijadikan produk makanan camilan krupuk goreng pasir non kolesterol, sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah kelayakan usaha dengan mengunakan metode penelitian surve. Subyek penelitian adalah petani bengkuang di Kecamatan Wringinanom. Analis yang digunakan antara lain B/C ratio, NPV, IRR dan Pay back period(PBP), dengan asumsi. Periode proyek 5 tahun untuk memproduksi 300 kg kerupuk per hari. Harga kerupuk per Kg Rp.6.000,-, Hari kerja setahun untuk tenaga tetap sebanyak 288 hari. Sedang untuk Tenaga kerja borongan selama 240 hari, Tingkat suku bunga kredit 10% / tahun. Hasilnya menunjukkan : B/C ratio = 1,46, NPV = Rp. 211.536.820, IRR = 35,68 %, PBP (usaha) = 2 tahun 11,5 bulan dan PBP (kredit) = 2 tahun 2 bulan. Dari hasil tersebut usaha ini dinyatakan layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-07-01

How to Cite

subakir, subakir. (2014). ANALISA KELAYAKAN USAHA BUAH BENGKUANG SEBAGAI PRODUK CAMILAN KRUPUK GORENG PASIR NON KOLESTEROL. Majalah Ekonomi, 18(1). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1289

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)