PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT PHC SURABAYA.

 Abstract views: 114

Authors

  • i ketut surabagiarta

Keywords:

Kualitas layman, Penanganan Gawat Darurat, Kepuasan Pasien

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit merupakan faktor yang mempengaruhi penilaian serta kepuasan pasien. Semakin rendah penilaian dan kepuasan pasien, semakin rendah mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Penanganan Kegawatdaruratan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PHC Surabaya. Dimensi mutu pelayanan yang digunakan dalam penelitian • ini adalah dimensi_mutu menurut Yamit (2001:10)_y_ang mengiclentifikasi lima 5 (lima) dimensi mutu yang digunakan oleh para pelanggan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan meliputi bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (Assuransce), dan empati (Ernphaty). 
Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan Directly reported satisfaction, dengan total sampel berjumlah 75 orang yang diambil dari populasi pasien rawat inap yang dirujuk dari Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PHC Surabaya secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. 
Pengujian dengan Regresi Linier menunjukkan terdapat pengaruh Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kepuasan pasien, dibuktikan dengan hasil R sebesar 0,787 atau 78,7 %. Kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (Assuransce), dan empati (Emphaty) mempunyai pengaruh simultan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PHC Surabaya, dibuktikan dengan menggunakan uji F didapatkan nilai Fhitung (Fh ) sebesar 22,467. Menurut uji t menunjukkan kualitas pelayanan mempunyai nilai sig diatas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (Assuransce), dan empati (Emphaty) tidak mempunyai pengaruh parsial terhadap kepuasan pasien di lnstalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PHC Surabaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kepuasan pasien rawat inap paling dominan pada dimensi empati (Emphaty). 
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan secara simultan dapat mempengaruhi kepuasan pasien, namun secara parsial kurang mempengaruhi kepuasan pasien. Dimensi mutu empati (Emphaty) memiliki peran yang paling besar dalam menentukan mutu pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PHC Surabaya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-01-11

How to Cite

surabagiarta, i ketut. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT PHC SURABAYA. Majalah Ekonomi, 16(1). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1307

Issue

Section

Artikel