PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI SERTA KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

 Abstract views: 50

Authors

  • i ketut surabagiarta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset terpenting perguruan tinggi karena perannya sebagai subyek pelaksana kebijakan dan kegiatan operasional lembaga. Agar perguruan tinggi tetap eksis maka harus berani menghadapi tantangan dan implikasinya yaitu menghadapi perubahan dan memenangkan persaingan. Sumber daya yang dimiliki oleh perguruan tinggi seperti dana, tata kelola dan sarana lain tidak bisa memberikan hasil yang optimum apabila tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kinerja yang optimum. Douglas (2000) menjelaskan bahwa perusahaan membutuhkan karyawan yang mempunyai kinerja (job performance) yang tinggi. (Mariam, 2009:1)
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang di olah menggunakan metode statistik dengan alat bantu perangkat lunak Microsoft Excel dan SPSS for windows.
Hasil dari pengolahan data menunjukkan nilai R Square sebesar 0,470 yang artinya variabel gaya kepemimpinan dan budaya organisasi serta kepuasan kerja dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan Universitas PGRI Adi Buana SurabayaSebesar 47%, sementara sisanya sebesar 53% (100% - 47%) kinerja karyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Dari uji t variabel gaya kepemimpinan (X1) berpengaruh secara signifikan atau nyata terhadap kinerja karyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Y) dengan nilai thitung > ttabel(2,162>2.0281). Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan perlu dipertahankan guna meningkatkan kinerja karyawan.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat pengaruh signifikan Gaya kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Terdapat pengaruh signifikan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Terdapat pengaruh signifikan antara Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-07-01

How to Cite

surabagiarta, i ketut. (2014). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI SERTA KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Majalah Ekonomi, 18(1). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1313

Issue

Section

Artikel