PENTINGNYA BUDGET PRODUKSI DALAM PENETAPAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU

 Abstract views: 42

Authors

  • subakir subakir

Keywords:

Budget Produksi, Budget Kebutuhan Bahan Baku

Abstract

Perusahaan pabrikan yang kegiatan utamanya produksi, salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pengelolaan kebutuhan bahan baku. Pengelolaan persediaan bahan baku yang kurang tepat akan mengakibatkan terjadinya kekurangan bahan baku sehingga akan mengakibatkan macetnya produksi, sebaliknya jika xerjadi penumpukan persediaan bahan baku yang berlebihan akan mengakibatkan pemborosan dalam pemakaian modal kerja, sehingga kegiatan perusahaan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budget produksi dalam menentukan budget kebutuhan bahan baku. 

Sampel dalam penelitian ini adalah budget produksi dan bahan baku tahun 2001 —2007 dengan teknik sampel purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, dianalisis dengan regresi sederhana (Y = a + bX). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan persamaan Y = 176683,2 + 3,682X atau budget bahan baku Y 176883,2 + 3,682, dan nilai t sebesar 2,504 serta signifikan 0,054 lebih besar dari 0,05 atau dengan kata lain 0,054 `> 0,05 dengan demikian Ho dittolak dan H. diterima artinya budget produksi berpengaruh terhadap budget bahan baku pada PT. Ispat Wire Product, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi "Ada pengaruh budget produksi dalam menentukan budget kebutuhan bahan baku pada PT. Ispat Wire Product Surabaya diterima dan terbukti kebenaranya"

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-01-11

How to Cite

subakir, subakir. (2018). PENTINGNYA BUDGET PRODUKSI DALAM PENETAPAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU. Majalah Ekonomi, 13(2). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1418

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)