PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA

Keywords:
Kualitas Informasi, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian, TokopediaAbstract
Berbagai online marketplace mulai bermunculan baik perusahaan dengan modal dalam negri maupun luar negri. Hal tersebut membuat perusahaan online terus melakukan inovasi serta layanan terbaiknya bagi para customer. Tokopedia berusaha memberikan informasi seluas-luasnya, termasuk informasi dari customer lain yang telah melakukan transaksi untuk produk yang sama. Customer memikirkan Persepsi Resiko yang akan diterimanya apabila ternyata perusahaan tidak mampu memberikan jaminan keamanan atas transaksi yang dilakukan. Dalam penelitian ini terdapat dua variebel bebas yaitu Kualitas Informasi, dan Persepsi Resiko. Berikutnya yang menjadi variabel terikat adalah keputusan pembelian pada Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 di Fakultas Ekonomi Universitas Adi Buana Surabaya sebanyak 230 orang. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan dan mendiskripsikan data yang diperoleh, dan menemukan nilai-nilai yang diperlukan dalam statistik inferensia. Penggunaan analisis statistik inferensia pada penelitian ini adalah menggunakan Multiple Liniear Regression dengan hasil persamaan Y= 27,356 + 1,175X1 - 0,993X2 + e. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Persepsi resiko memiliki pengaruh terbalik dengan keputusan pembelian di Tokopedia. Kualitas informasi dan persepsi resiko secara bersamaan berpengaruh sebesar 63,5% terhadap keputusan pembelian di Tokopedia, sedangkan 36,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Downloads
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2012). Profil Pengguna Internet Indonesia 2012. Jakarta
Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3): 319-339.
Devaraj, Fan, and Kohli, (2003). E-Loyalty -elusive ideal or competitive edge? Communication of the ACM 46, 9 (Sept.2003), 184-191
Hahn, Fred E. (2002). Beriklan dan Berpromosi Sendiri. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka Utama.
Haryanto, J.O. (2009). Pengaruh Upaya Ekstra dalam Meningkatkan Intensi Membeli Konsumen. Jakarta
https://id.techinasia.com/marketplace-online-terbesar-indonesia-belanja diakses pada 31 Oktober 2016, 15.00wib
Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. (2003). Marketing Management, Internasional Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Liao, Z., & Cheung, M. T. (2001). Internet based e-shopping and consumer attitudes: an empirical study. Information and Management, 38, 299-306.
Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Onno W. Purbo dan Aang Arif Wahyudi. (2007). Mengenal e-Commerce, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta : Prentice Hall