ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM PEMILIHAN E-MONEY

DOI:
https://doi.org/10.36456/majeko.vol25.no1.a2445
Keywords:
E-money, Minat, Risiko, Kemudahan, Fitur LayananAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan e-money dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan memengaruhi mahasiswa dalam pemilihan e-money. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel sejumlah 96 mahasiswa akuntansi 2016-2019, dengan Teknik pengumpulan data memberikan kuisioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data mendapatkan hasil bahwa dari seluruh indikator yang telah diajukan yaitu minat, risiko, kemudahan dan fitur layanan termasuk dalam faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan e-money dan indikator yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa dalam pemilihan e-money yaitu indikator risiko, karena sebagian besar mahasiswa kurang paham terhadap risiko-risiko yang timbul dari penggunaan e-money.
Downloads
References
Aba, W. A. La. (2018). Analisis Pandangan Penggunaan Uang Elektronik (e-Money) T-Cash Sebagai Alat Transaksi Pada Pelanggan Telkomsel (Tinjauan Ekonomi Keuangan Islam).
Andre, P. I. P. A., & Trisna, J. I. G. A. N. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Cahya, D. F. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakan E-Money.
Dwi, M., & Raisa, P. (2018). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan fitur layanan terhadap minat penggunaan e- money (studi kasus pada pengguna e-money kota palembang). 1–17.
Pamungkas, G. T. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan E-Money (Studi Kasus Minimarket Indomaret Kec. Binjai Kota, Kota Binjai).
Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik
Wahyudi, S. T. (2017). Statistika Ekonomi Konsep, Teori, dan Terapan. Malang: UB Press.
Wibowo, F. S., Dede, R., & Usep, S. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Menggunakan E-Moey Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). 440–456. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JRMSI.006.1.06
Yesi, E. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MAN 1 (MODEL) Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014.
Bank Indonesia. (n.d.-a). Edukasi dan Perlindungan Konsumen SP. Retrieved Oktober 14, 2020, from www.bi.go.id website: https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan-konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/kartu-kredit/Contents/Default.aspx
Diedit. (n.d.). Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya. Retrieved Oktober 22, 2020, from www.diedit.com website: https://www.diedit.com/skala-likert/
Kontan Site. (2019). Hingga November 2018, transaksi uang elektronik tembus Rp 5,19 triliun. Retrieved Oktober 22, 2020, from www.keuangan.kontan.co.id website: https://keuangan.kontan.co.id/news/hingga-november-2018-transaksi-uang-elektronik-tembus-rp-519-triliun
Mutia, F. (2019). Penggunaan Uang Elektronik Melonjak 77,6 Persen. Retrieved Desember 12, 2020, from www.money.kompas.com website: https://money.kompas.com/read/2019/04/25/171509826/penggunaan-uang-elektronik-melonjak-776-persen