PENGARUH BRAND AWARENESS AND MEDIA ADVERTISING SEMEN GRESIK DALAM UPAYA MEWUJUDKAN SATISFACTION CUSTOMER DAN CUTOMER LOYALTY PT. SEMEN INDONESIA TBK - GRESIK

 Abstract views: 382

Authors

  • chandra kartika Dosen Universitas Wijaya Putra
  • Soenarmi Soenarmi universitas wijaya putra

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perubahan paradigma pembisnis agar dapat mengembangkan Brand Awareness dan mengamati media advertising dalam upaya meningkatnya kepuasan dan timbulnya loyalitas pelanggan di Perusahaan Semen Gresik secara fenomenal sering kali turunnya tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan diakibatkan turunnya brand awarness pada produk Semen Indonesia dan Peneli mengambil sampel sebanyak 100 responden untuk dijadikan bahan penelitian agar dapat membantu perusahaan PT. Semen Indonesia lebih berkembang lagi. Penelitian ini menggunakan Path Analysis dan mengggunakan SAM Amous Ver.21 diharapkan dalam penelitian agar dapat menemukan permasalahan yang sangat krusual khususnya di bidang marketing dan dapat memberikan masukan kepada perusahaan Semen Indonesia. Dan berharap penelitian ini dapat membantu perusahaan meningkatkan kepuasan dan loyalitas serta dapat mempertahankan merek yang sudah melekat di benak konsumen.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Kata Kunci : Brand Awareness, Media Advertising, Satisfication,Customer Loyalty   Abstract This study aims to provide a paradigm shift pembisnis in order to develop brand awareness and observing media advertising in an effort increasing the satisfaction and the emergence of customer loyalty in the company Semen Gresik phenomenally often lower levels of customer satisfaction and loyalty due to the decline in brand awareness on products Cement Indonesia and research in taking a sample of 100 respondents to be used as research material to help companies PT . Semen Indonesia grow even more. This study used path analysis and use traditional SAM Ver.21 amous expected in research to find a very krusual problems , especially in the field of marketing and can provide input to the Indonesian cement company . And hopes that this research can help companies increase customer satisfaction and loyalty , and can maintain a brand that has been embedded in the minds of consumers .   Key Word : Brand Awareness, Media Advertising, Satisfication,Customer Loyalty

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi Purwanto, Agus. 2014. Model Pengembangan Kualitas Produk Dalam Rangka Meraih Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen Studi Pada UKM Bandeng Presto Di Kota Semarang. Jurnal Fokus Ekonomi, Vol.9 No. 1, Hal 96-108.

Diab, Balqis. 2009. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan. Tesis. Semarang: Program Studi Manajemen Universitas Diponegoro.

Dewi, Rindu dan Rahmat, 2014. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nayadam Batam. Jurnal Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri, Batam.

Haryono, Siswoyo dan Wardoyo Parwoto. 2012. Structural Equation Modeling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS. Badan penerbit PT. Intermedia Personalia Utama, Bekasi.

Kusumawati, Andriani, Inka Janita Sembiring dan Suharyono. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 1 Oktober 2014, Hal 1-8. 

Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis, Th. 16, No. 1, Maret 2011, Hal 76-82.

Kotler, Philip dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 jilid 1 erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Edisi Ketiga : Indeks Kelompok Gremedia, Jakarta.

Krisopras, Almez dan I Gusti Ayu Ketut Giantari, 2016. Pengaruh Program Corporate Social Responsibility dan Inovasi Produk Terhadap Brand Loyalty Starbucks

Mardikawati, Woro. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi Studi Po Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 1, Maret 2013, Hal 64-74.

Musanto, Trisno. 2004. Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 2, September 2004, Hal 123 – 136.

Nanda, Cendy Octavia A. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada PT. Winstar Partical Product di Menganti Gresik. Skripsi Universitas Wijaya Putra, Surabaya.

Pramudyo, Anung. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Yogyakarta. Jbma – Vol. I, No. 1, Agustus 2012. Hal 1-16.

Raharjo, Alfian. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu As. Universitas Muhammadiyah Purworejo Fakultas Ekonomi. Purworejo.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Edisi 4 Penerbit Alfabeta, Bandung.

Pardede, Ratlan dan Reinhard Manurung, 2014. Analisis Jalur Teori dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis. Rineka Cipta, Jakarta.

Setiawan, Heri, Dan Maria Magdalena, 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Sepang, David dan Lotje Kawet, 2016. Diversivikasi Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Transvision Manado. Volume 16 No. 01 Tahun 2016, Hal 244-254.

Swastha, Basu dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Wijayanto, Andi dan Nurullaili. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 1, Maret 2013. Hal 89-95.

Swastha, Basu dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Bayumedia Pubhlishing. Malang.

Published

2016-12-31

How to Cite

kartika, chandra, & Soenarmi, S. (2016). PENGARUH BRAND AWARENESS AND MEDIA ADVERTISING SEMEN GRESIK DALAM UPAYA MEWUJUDKAN SATISFACTION CUSTOMER DAN CUTOMER LOYALTY PT. SEMEN INDONESIA TBK - GRESIK. Majalah Ekonomi, 21(2 Desember), 242–253. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/406

Issue

Section

Artikel