Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Indomie
Abstract views: 1018DOI:
https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no1.a5417Keywords:
Label halal, Religiusitas, Keputusan PembelianAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki masyarakat muslim terbanyak di dunia. Jumlah populasi muslim di Indonesia saat ini berjumlah sebanyak 231.069.932. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang terkena dampak pandemi covid-19. Pandemi covid-19 berdampak pada meningkatnya kebutuhan pengganti makanan pokok, salah satunya mie instan. Mie instan Indomie mendapat kepercayaan dari masyarakat, karena diproduksi sejak lama dan sudah berlabel halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam penelitian ini menguji label halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian Indomie. Penelitian ini berfokus pada konsumen Indomie dengan rentan usia 18 tahun ke atas menggunakan sampel sebesar 120 sampel dengan teknik non probability sampling. Responden dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online. Data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal, dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Indomie.
Downloads
References
An-Nada, Z. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Label Halal pada Produk Makanan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38612. Diakses pada 20 September 2021).
Azreen jihan, Mohd hasyim, R. Musa. (2014). Factors Influencing Attitude towards Halal Cosmetic among Young Adult Urban Muslim Women: A Focus Group Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 129–134. (https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.016. Diakses pada 24 September 2021).
Bem.fmipa.unej.ac.id (22 Mei 2021) kondisi perekonomian indonesia di tengah pandemi covid19. Diakses pada 20 September 2021 dari, https://bem.fmipa.unej.ac.id/kastrad-beraksi2-kondisi-perekonomian-indonesia-di-tengah-pandemi-covid-19/.
Dominika Maison, Marta Marchlewska, Rizqy Amelia Zein, Dewi Syarifah, Herison Purba (2019). Religiously permissible consumption: The influence of the halal label on product perceptions depending on the centrality of religiosity", Journal of Islamic Marketing, Vol. 10 No. 3, pp. 948-960. (https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2018-0119. Diakses pada 25 September 2021).
Eka Dewi Setyaningsih, Sofyan Marwansyah (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi Journal of Islamic Economics Finance and Banking 3(1):65. (10.35448/jiec.v3i1.5515. Diakses pada 20 September 2021).
Fadlan Nabila Bachdar (2020). Pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian daging ayam jumbo di pasar swalayan kota Manado. Skripsi. IAIN Manado. (http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/25. Diakses pada 25 September 2021).
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: AR-RUZ Media.
Glock, C. & Stark, R. 1966. Religion and Society In Tension. Chicago: University of California.
Herlina Yustati (2015). Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam: Regresi Religiusitas terhadap Konsumerisme pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Indo Islamika, 5(1). (https://doi.org/10.15408/idi.v5i1.14786 . Diakses 3 Oktober 2021).
Kompaspedia.kompas.id (1 Agustus 2021) psbb hingga ppkm kebijakan pemerintah menekan laju penularan covid 19. Diakses pada 20 September 2021 dari, https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/psbb-hingga-ppkm-kebijakan-pemerintah-menekan-laju-penularan-covid-19.
Kusumastuti, Fitria (2010). Pengaruh Harga, Atribut Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telepon Seluler Sony Ericsson (Studi Kasus di Kabupaten Temanggung). Skripsi. Universitas Diponegoro. (http://fisip.undip.ac.id/adbis. Diakses 5 Oktober 2021).
Malhotra, Naresh K, (2005). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan, jilid I : 291 & 371-373, edisi keempat, Indeks, Jakarta.
M. Imamuddin (2017). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi T.A 2016/2017, Ekonomika Syariah: Journal of Economic Studies, 1 (1), 37. (http://dx.doi.org/10.30983/es.v1i1.448. Diakses 10 Oktober 2021).
Nabilla S Beu, Silcyljeova Moniharapon, Reity L Samadi (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jurnal EMBA, 9 (3). (https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35821. Diakses 12 Oktober 2021)
Pipi Arviana (2020). Pengaruh Religiusitas dan Label Halal terhadap keputusan pembelian pada produk daging olahan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar. (http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/18187. Diakses 15 Oktober 2021).
Premi Wahyu Widyaningrum (2016). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Wardah di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 6 (2). (https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/398/367. Diakses 16 Oktober 2021)
Rukmana, Rahmat (1996). Belimbing- seri Tabulampot, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall
Septa Katmawanti Nurnaningsih Herya Ulfah (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi pola konsumsi mi instan pada mahasiswa di Universitas Negeri Malang Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Skripsi. Universitas Negeri Malang. (http://dx.doi.org/10.17977/um044v1i2p229-242. Diakses 17 Oktober 2021).
Sumarwan, Ujang (2017). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sri Setyo Iriani (2019). The Effect of Religiosity on the Purchasing Decisions of Halal Labeled Food Products. East African Scholars. Journal of Economics, Business and Management, 2.
Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi.