Pengaruh Social Media Marketing TikTok terhadap Brand Loyalty J&T Express

 Abstract views: 1139

Authors

  • Visi Saujaningati Kristyanto Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Nikko Yuanta Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Sri Yunan Budiarsi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no1.a5532

Keywords:

Social Media Marketing, brand trust, Brand Image, Brand Loyalty

Abstract

The existence of social media is now no longer functioned as a means of entertainment but also as a modern marketing tool that can reach buyers on a wider scale. TikTok is one of the digital entertainment platforms that penetrate digital marketing tools. The tight competition in the business world has resulted in many companies needing to be dynamic in implementing the right marketing strategy. This study aims to analyze the effect of social media marketing, namely TikTok, on J&T Express brand loyalty. The sample consists of 196 respondents who have used J&T Express services and are active on TikTok social media. The data analysis technique used is Structural Equations Modeling using the LISREL 8.8 program. The study results prove that social media marketing activities through TikTok can affect brand trust and brand image on J&T Express. However, the brand loyalty owned by J&T Express has not been able to be grown from the results of social media marketing carried out through the TikTok platform. Brand loyalty is formed from the J&T Express brand image, which is considered quite high in the eyes of shipping service consumers.

 

Keberadaan media sosial kini tidak lagi difungsikan sebagai sarana hiburan, melainkan juga sebagai sarana pemasaran modern yang mampu menjangkau pembeli dalam skala yang lebih luas. TikTok merupakan salah satu platform hiburan digital yang merambah pada sarana pemasaran digital. Ketatnya persaingan dunia usaha, mengakibatkan banyak perusahaan perlu dinamis dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial yaitu TikTok terhadap loyalitas merek J&T Express. Adapun sampel yang merupakan 196 responden yang telah menggunakan layanan J&T Express dan aktif di media sosial TikTok. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equations Modeling dengan menggunakan program LISREL 8.8. Hasil Penelitian membuktikan bahwa aktivitas pemasaran media sosial melalui TikTok dapat mempengaruhi kepercayaan merek dan citra merek pada J&T Express. Meski demikian, loyalitas merek yang dimiliki oleh J&T Express belum dapat ditumbuhkan dari hasil pemasaran media sosial yang dilakukan melalui platform TikTok. Loyalitas merek terbentuk dari citra merek J&T Express yang dinilai cukup tinggi di mata konsumen jasa pengiriman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128-148.

Dominikus D. Unaradjan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Fraenkel, J. and Wallen, N. (1993). How to design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc.

Hootsuite – We Are Social. (2021). Digital Indonesia 2021. Didapat dari https://wearesocial.com/digital-2021 2 Agustus 2021, pukul 18.31 WIB.

Kusuma, P. W. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia, https://tekno.kompas.com/read/2020.

Santoso, Singgih. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tatar SB., Eren-Erdogmus I., (2016). The effect of social media marketing on brand trust and brand loyalty for hotels, information technology and tourism, 16(3).

Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Manajemen, 8(1).

Yamin Sofyan, Kurniawan Heri. 2009. SPSS COMPLETE: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek

Anik Tri Suwarni., Ardianto Nugroho., dan Nurlina Rahman. 2015. Implementasi Strategi Peningkatan Loyalitas Pelanggan Melalui Corporate Brand Equity, Product Atribute dan Service quality Studi Kasus pada perusahaan distribusi bahan baku Bakery dan Pastry untuk wilayah Pemasaran Jakarta dan Bandung. Jurnal MIX. 5(1): 1-16.

Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128-148.

Dominikus D. Unaradjan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Ebrahim, R. S. (2019). The role of trust in understanding the impact of social media marketing on brand equity and brand loyalty. Journal of Relationship Marketing, 1(1), 1-22.

Fraenkel, J. and Wallen, N. (1993). How to design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc.

Gie. (2020, November 3). Sosial media MARKETING: PENGERTIAN, JENIS, Strategi dan manfaatnya. Accurate Online. https://accurate.id/marketingmanajemen/sosial-media-marketing-pengertian-jenis-strategi-danmanfaatnya/.

Gunarto, P. W., & Ramdan, A. M. (2020). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Brand Commitment. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1).

Hootsuite – We Are Social. (2021). Digital 2021 Indonesia. Didapat dari https://wearesocial.com/digital-2021 , 2 Agustus 2021, pukul 18.31 WIB.

Irawan, A. D., & Hadisumarto, A. D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 43, 33–55.

Keller, K. L. (1993). Managing Customer-Based Brand. Journal of Marketing, 57, 1–22.

Kusuma, P. W. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia, https://tekno.kompas.com/read/2020

Lin, M. Q., & Lee, B. C. (2012). The influence of website environment on brand loyalty: Brand trust and brand affect as mediators. International Journal of Electronic Business Management, 10(4), 308.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Pramudiyanto, P. (2019). Pengaruh Brand image, Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty (Studi pada Konsumen Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy di Purworejo). VOLATILITAS, 1(6).

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Salangka, D. B. M., Massie, J. D., & Tampenawas, J. L. (2017). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Smartphone. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).

Santoso, Singgih. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Top brand Index Beserta kategori Lengkap. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/.

Yamin Sofyan, Kurniawan Heri. 2009. SPSS COMPLETE: Tekhnik Analisis Statistik Terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Kristyanto, V. S., Yuanta, N., & Budiarsi, S. Y. (2022). Pengaruh Social Media Marketing TikTok terhadap Brand Loyalty J&T Express. Majalah Ekonomi, 27(1), 35–43. https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no1.a5532

Issue

Section

Artikel