PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS JASA TRANSPORTASI GOJEK

DOI:
https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no2.a6471
Keywords:
Empathy, Realiability, Responsiveness, Tangible, Kepuasan Konsumen, AssuranceAbstract
Riset ini dimaksudkan guna menganalisis dampak dari mutu pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bisnis jasa transportasi GO- JEK Indonesia. Riset ini memakai 5 variabel independen yakni tangible, reliability, responsiveness, assurance serta emphaty dan variabel dependennya ialah kepuasan konsumen. Sehabis melangsungkan pengkajian secara teori maupun lapangan serta penataan hipotesis, informasi dalam riset ini dihimpun lewat pendistribusian kuesioner pada 86 orang yang sempat memakai transportasi GO- JEK selaku ilustrasi riset. Metode pengambilan ilustrasi melalui purposive sampling. Tata cara analisis informasi lewat analisis kuantitatif tepatnya analisis regresi linier berganda. Bersumber pada analisis informasi, output riset menampilkan kalau seluruh indikator riset ini bertabiat valid serta andal. Output uji anggapan klasik informasi berdistribusi wajar, tidak terjalin heteroskedastisitas serta multikolinieritas. Untuk penganalisisan tangible, responsiveness, assurance serta emphaty tidak mempengaruhi kepuasan konsumen secara signifikan. Serta pengujian pada reliability menyumbang dampak positif sekaligus signifikan pada kepuasan konsumen
Downloads
References
Adam, M. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2015
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2011
Assauri, S. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015 Aswawi, N. dan Masyhuri, Metodologi Riset Manajemen Pemasaran, UIN- Malang: UIN-Malang Press, 2009
Bachmid, S. Konsep Kualitas Layanan Dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Mahasiswa, https://www.academia.edu. Diunduh pada tanggal 20 Desember 2016
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana, 2008 Ginting, Nembah F. H. Manajemen Pemasaran, Bandung: Yrama Widya,2011
Hafidhudin, D. Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press, 2003
Hasan. Ali, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Jogjakarta: Cups Publishing, 2013
Gelegazaki.wordpress.com. (2016). PT Go-Jek Visi Misi Struktur Organisasi dan SOP. Diakses pada tanggal 15 Februari 2022 dari
https://gelegazaki.wordpress.com/2016/10/17/pt-go-jek-visi-misi-struktur-organisasi-dan-sop/
Irawan, Handi. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia, 2009
Karim. Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih Dan Keuangan, Jakarta: IIIT Indonesia, 2003
Kottler, P & Keller, K. L. Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga, 2008
Nur, J. Metodologi Penelitian Skripsi, Thesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2012
Nur, M. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia, 2004 Qardawi, Yusuf. Norma Dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: GIP, 1997
Setiyanto, D. A. Sebuah Catatan Sosial Tentang Ilmu, Islam, Dan Indonesia, Yogjakarta: Deepublish, 2016
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2015 Sujarweni, V.W. Metodologi Penetian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru, 2012
Syahrum dan Salim, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media, Bandung: 2012
Tangkilisan, Hessel Nogi S. Manajemen Publik. Jakarta: PT Grasindo, 2005 Tjiptono F, & Chandra G, Service, Quality, & Satisfaction (3 ed.) Yogyakarta: Andi Publisher, 2011
Tjiptono, F. (ed.) Total Quality Management, Yogyakarta: Andi Ofsee, 1996 “. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset, 1996
“ “. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu media Publishing, 2005 “ “. Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: Andi Offset, 2008
Prayatno, Duwi. SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat Lebih Akurat, Yogyakarta: Medikom, 2011
Zeithaml, V. A., Bitner, M.J., & Gremler, D.D. Service Marketing (4 ed.), America New York 10020: McGraw – Hill, 2006