Pengaruh Brand Equity Dan Customer Value Terhadap Customer Respon Koperasi Setia Bhakti Wanita Di Surabaya

 Abstract views: 277

Authors

  • I Ketut Surabagiarta
  • Subakir Subakir
  • I Made Bagus Dwiarta

Abstract

Harapan masyarakat terhadap koperasi sebagai salah satu pondasi ekonomi dan tempat untuk memenuhi kebutuhan dasar harus dipenuhi. Harapan tersebut semakin meningkat ke arah pelayanan yang khusus dan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. Brand Equity pada suatu produk akan memungkinkan perusahaan mempunyai kekuatan untuk mengadakan ekspansi serta kelangsungan hidup merek dan di pengaruhi oleh beberapa faktor yang menentukan kekuatan atau bagi merek dalam melakukan persaingan. Salah satu aset untuk mencapai keadaan tersebut adalah brand (merek). Merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol desain, ataupun kombinasinya yang mengidentifikasikan suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan (Durianto, Sugiarto, dan Sitinjak, 2001). Brand equity (ekuitas merek) adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang terkait dengan suat merek, nama, simbol, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik pada perusahaan maupun pada pelanggan (Darmadi Durianto, Sugiarto, dan Tony Sitinjak, 2001). Penelitian ini dirancang dengan metode penelitian survei, yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok yang diberikan kepada responden (Singarimbun dan Effendi, 1995:3).Penelitian ini juga disebut penelitian yang memberikan penjelasan (explanatory research) karena tujuannya adalah untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis dan juga merupakan penelitian konklusif (Malhotra, 2006:84). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, maka diketahui nilai koefisien regresi dari variabel bebas memiliki tanda positif. Hal ini menunjukkan hubungan yang searah antara variabel brand equity (X) dengan customer value. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 22,7% menunjukkan bahwa variabel Customer Respon yang dipengaruhi brand equity dan Customer Value. Sedangkan sisanya sebesar 77,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan yang dapat ditarik kesimpulan adalah terdapat pengaruh brand equity terhadap customer respon Koperasi-Setia Bhakti wanita di Surabaya, sedangkan customer value berpengaruh terhadap customer respon Koperasi-Setia Bhakti wanita di Surabaya. Brand equity dan customer value berpengaruh terhadap customer respon Koperasi-Setia Bhakti wanita di Surabaya. Dan terdapat pengaruh variabel lain diluar variabel yang berpengaruh terhadap penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D.A. 1991. Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name. Simon and Schuster (Asia) Pte. Ltd. Terjemahan, Aris Ananda, 1997, Cetakan pertama, Jakarta. Penerbit Mitra Utama.

Albrecht, Karl. 1994. The Northbound Train. New York: Amacom.

Aldag, R., and Reschke. 1997. Employee value vdded: measuring discretionary effort and its value to the organization. Working Paper. Center for Organization Effectiveness, Inc. pp. 1-8.

Anderson, J.C. Jain, D.C and Chintagunta P.K. 1993. Customer Value Assessment in Business Markets: A State-of-Practice Study. Journal of Business to Business Marketing. (Vol. 1): 3-29.

Baldauf, A., Karen S. Cravens, and G. Binder. 2003. Performance consequences of brand equity management evidence from organizations in the value chain. Journal of Product and Brand Management. (Vol. 12). No. 220- 236.

Dharmesta, Basu Swasta. 1991. Loyalitas Pelanggan; Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Peneliti Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia.

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Hair, et al. 2006. Multivariate Data Analysis. 6th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip et al., 2009. Marketing Management, An Asian Perspective. Fifth Edition. Singapore: Pearson Education South Asia PTE Ltd.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2006. Principles Of Marketing. Eleventh Edition. Pearson International Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin L. Keller. 2006. Marketing Management. 2ndedition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Malhotra, Naresh K. 2006. Marketing Research An Applied Orientation. 3rd edition. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Mowen, John C and Michael Minor. 1998. Consumer Behavior. 5th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Nazir, Moh. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brands. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L. G. and Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Singarimbun, M. dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sweeney, J.C. and Soutar G. 2001. Consumer Perceived Value: The Development of Multiple Item Scale. Journal of Retailing. (Vol. 77). No. 2: 203.

Wells, W.D. and David Prensky. 1996. Consumer Behavior. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Woodall, Tony. 2003. Conceptualixing Value for the Customer. Academy of Marketing Science Review. (Vol. 2003). No.12: 1-44.

Zeithaml. Valarie A. and Mary Jo Bitner. 2000. Service Marketing, Integrating Customer Focus Across The Firm. 2nd Edition. USA: Prentice Hall International Inc.

Published

2015-07-02

How to Cite

Surabagiarta, I. K., Subakir, S., & Dwiarta, I. M. B. (2015). Pengaruh Brand Equity Dan Customer Value Terhadap Customer Respon Koperasi Setia Bhakti Wanita Di Surabaya. Majalah Ekonomi, 20(1 Juli), 97. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/83

Issue

Section

Artikel