Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Suku Bunga, Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pengambilan Pinjaman Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Program Studi Akuntansi)

 Abstract views: 310

Authors

  • nurdina nurdina Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • R Yudi Sidharta Stiesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/majeko.vol29.no1.a9005

Abstract

Penelitian ini berguna agar menemukan (1) Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan pada keputusan pengambilan pinjaman di shopee paylater, (2) Pengaruh persepsi suku bunga terhadap keputusan pengambilan pinjaman di shopee paylater, (3) Pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pengambilan pinjaman di shopee paylater, (4) Pengaruh persepsi kemudahan shopee paylater, persepsi suku bunga, serta pandangan risiko pada keputusan pengambian pinjaman pada shopee paylater. Penelitian ini menggunaan metode kuantitatif. Penelitian ini memakai teknik purposive sampling maupun pengambilan sampel dari karakteristik khusus. Sampel pada penelitian ini terbagi atas 100 orang Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Program Studi Akuntansi Angkatan 2020. Teknik pengumpulan data memakai kuesioner yang sudah diuji validitas serta realibilitasnya. Teknik analisis data yang  dipakai agar merespons hipotesis seperti regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika Persepsi kemudahan penggunaan, Persepsi suku bunga serta persepsi risiko berdampak signifikan positif pada keputusan pengambilan pinjaman Shopee Paylater.

 

Kata Kunci          :Persepsi Kemudahan penggunaan; Persepsi Suku bunga; Persepsi Risiko; Keputusan Pengambilan Pinjaman

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adella, & Sijabar, R. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Konsumen Pada Penggunaan Kartu Kredit Cimb Niaga. Jurnal Transaksi, 13(1), 116–133.

Davis. (2018). Perceived Usefulness,Perceived Ease Of Use And user Acceptance of informantion Technology. MIS Quarterly ,13(3),319-340.

Jayantari, I. A. A. U., & Seminari. Ni Ketut. (2018). Niat Menggunakan Mandiri Mobile Banking Di Kota Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia Kemajuan teknologi informasi dapat dilihat dari perkembangan internet di seluruh belahan dunia . Masyarakat saat ini cender. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2621–2651.

Jogiyamto. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Manfaat ,Resiko, dan Kepercayaan dalam Menggunakan E-Wallet di yogyakarta. 8.5.2017, 2003–2005.

Panjalu, D. A., & Mirati, E. (2022). Analisis Pengaruh Minat Pengguna Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee. Prosiding SNAM PNJ.

Prajogo U., & Rusno, R. (2022). Perceived Risk of Interest in Making Online Loans with Ease of Use as a Moderating Variable. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22–32.

Utami, A. R. H. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 79–93. http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/694%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/694/265

Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 116–122. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17947

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

nurdina, nurdina, & R Yudi Sidharta. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Suku Bunga, Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pengambilan Pinjaman Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Program Studi Akuntansi). Majalah Ekonomi, 29(1), 54–61. https://doi.org/10.36456/majeko.vol29.no1.a9005

Issue

Section

Artikel