Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono

 Abstract views: 912

Authors

  • Achmad Fanani PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Akhmad Qomaru Zaman PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v1i1.4252

Keywords:

Pandemi, Blended Learning, Hasil Belajar

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak awal Maret 2020, telah berdampak signifikan. Mengacu pada pedoman belajar dari rumah yang tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 bahwa metode dan media pelaksanaan belajar dari rumah dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh yang terbagi menjadi dua model pendekatan, yaitu pembelajaran jarak jauh secara daring dan luring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari model blended learning terhadap hasil pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi- eksperimental dengan sampel 66 siswa yang dibagi menjadi kelas VII F dan VII D yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimental. Instrumen menggunakan kuesioner dan pretest-posttest dalam bentuk beberapa pilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning memiliki efek yang signifikan terhadap hasil pembelajaran PPKn siswa. Hal ini diperkuat dengan perolehan hasil analisis data menggunakan t-test pada hasil hipotesis post-test dengan cara t-tabel < t-hitung atau 2,036 < 2,171 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Achmad Fanani, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Akhmad Qomaru Zaman, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Dosen

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Rusman, Kurniawan D., & Riyana C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Stein, J. & Graham, C. R. (2014). Essentials for Blended Learning: A Standar Based Guide. USA: Routledge.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yendri, D. (2011). Blended Learning: Model Pembelajaran Kombinasi E-learning Dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Prodi Sistem Komputer Universitas Andalas Padang.

Published

28-04-2021

How to Cite

Achmad Fanani, & Akhmad Qomaru Zaman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.36456/p.v1i1.4252