Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pada Google Form Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMPN 1 Sukodono

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v1i1.4253
Keywords:
Media Pembelajaran Visual, Google Form, Hasil Belajar, PPKnAbstract
Berdasarkan pantauan selama magang 1 di SMPN 1 Sukodono, masih ada siswa yang mengalami kesulitan pemahaman materi presentasi oleh guru. Oleh karena itu, sebuah terobosan tampaknya menggunakan media visual di Google Forms. Media pembelajaran visual adalah semua alat peraga dalam proses belajar mengajar dapat dinikmati melalui indra penglihatan. Tujuan dari hasil ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran visual dalam bentuk Google Form terhadap PPKn hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sukodono. Jenis hasil ini adalah hasil kuantitatif, hasil yang menggunakan beberapa data dan dapat diukur dengan angka pasti. Desain hasilnya adalah kelompok kontrol non-setara. Sampel dari hasil ini adalah siswa di kelas C dan kelas E. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Analisis data digunakan program SPSS. Berdasarkan data yang telah dilakukan oleh peneliti, hasilnya menunjukkan bahwa diperoleh nilai signifikan 0,023. Dari hasilnya, nilai yang signifikan adalah (α) < 0,05. Artinya ada dampak signifikan antara penggunaan media pembelajaran visual dalam bentuk Google Form terhadap hasil pembelajaran siswa PPKn kelas VII SMPN 1 Sukodono.
Downloads
References
Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, Z. (2011). Google Formulir Untuk Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruz Media.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi. Yogyakarta: Alfabeta.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Galihdra Sabrang Panuluh, Akhmad Qomaru Zaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education