Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Sekolah Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Kendangsari

 Abstract views: 263

Authors

  • Adelia Eka Pramesti PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Suhartono PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Bernadetta Budi Lestari PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v1i1.4254

Keywords:

Persepsi Orang Tua, Sekolah, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini berdampak besar terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah. Kegiatan belajar mengajar juga dilakukan di rumah masing-masing. Akibat pandemi ini, orang tua memiliki persepsi tersendiri dalam berurusan dengan sekolah online. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kendangsari dengan mata pelajaran penelitian adalah orang tua yang anaknya masih duduk di bangku SD dan SMP. Dalam penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data sesuai Miles dan Huberman, yaitu pengurangan data, menampilkan data, dan verifikasi. Adapun teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui Google Form dan wawancara kepada beberapa orang tua secara langsung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semua orang tua setuju dengan penyelenggaraan sekolah online saat ini, mengingat jumlah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi dan dikhawatirkan jika sekolah tetap dilaksanakan seperti biasa maka akan berdampak pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Adelia Eka Pramesti, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Mahasiswa

Suhartono, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Dosen

Bernadetta Budi Lestari, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Dosen

References

Ali, S. & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 Volume 6, https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759. Nomor 02, Tahun 2020, Halaman 214-224. Diunduh pada tanggal 13 September 2020. Pukul 22.51.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak.

Efrianus, R. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak. https://ummaspul.ejournal.id/JENFOL/article/download/428/245/. Diunduh pada tanggal 11 Oktober 2020. Pukul 21.20.

Lexy, M. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Jurnal (KESMAS, Volume 9, Nomor 4 Juli 2020). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/29680. Diunduh pada tanggal 2 Oktober 2020. Pukul 20.30.

Sari, T. R. (2010). Pengertian Persepsi Menurut Mozkowitz dan Orgel. http://digilib.uinsbt.ac.id/8609/4/bab%202/pdf. Diunduh pada tanggal 3 Oktober 2020. Pukul 15.30.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Surat Edaran pada tanggal 24 Maret 2020 Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan- kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19. Diunduh pada tanggal 10 Oktober 2020. Pukul 20.20.

Wahyu, A. F. D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Published

28-04-2021

How to Cite

Adelia Eka Pramesti, Suhartono, & Bernadetta Budi Lestari. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Sekolah Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Kendangsari. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36456/p.v1i1.4254