Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Menyampaikan Pendapat Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Number Head Together

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v1i2.4477
Keywords:
Keaktifan, Cooperative Learning, Number Head TogetherAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat dengan metode Cooperative Learning Number Head Together. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Negeri 1 Mojokerto sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah: observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran kooperatif dengan model Cooperative Learning Number Head Together, ada peningkatan keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat saat diskusi kelompok pada siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor 2 SMK Negeri 1 Mojokerto, yaitu dari kategori cukup baik menjadi kategori baik. Belajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Mojokerto, yaitu dari rerata pekerjaan siswa 75,5 menjadi 87,8.
Downloads
References
Ibrahim, dkk. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unipress Surabaya.
Kasmina & Toali. (2011). Matematika Untuk SMK/MAK Kelas XII Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Noormandiri. (2004). Buku Pelajaran Matematika SMA Untuk Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Oemar, H. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwodarminta, W. J. S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shairiah. (2003). Pembelajaran Model Induktif Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Bantuan Alat Peraga Sederhana pada Pokok Bahasan Fluida Tak Bergerak di SMUN I Galis Pamekasan. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujono. (1988). Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
S. Khoiriyah, JURNAL e-DuMath. (2018). Penerapan Model Pembelajaran NHT. Surabaya: Unipress.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Supriyoadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education