Upaya Perwujudan Nilai-Nilai Pada Siswa Melalui Upacara Grebeg Pancasila Di Kota Blitar
Abstract views: 466DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v1i2.4479Keywords:
Kebudayaan, Nilai-Nilai Nasionalisme, Siswa, Upacara Grebeg PancasilaAbstract
Upacara Grebeg Pancasila merupakan acara peringatan Hari Lahir Pancasila, yang didesain menjadi peristiwa budaya. Dilaksanakan oleh seniman-seniman Blitar, dengan sentuhan dan piranti etik dan estetika tanpa meninggalkan kekhidmatan dan makna sebuah upacara. Upacara ini dilaksanakan di Alun-alun Kota Blitar setiap tanggal 1 di bulan Juni. Berkaitan dengan itu maka dilakukan penelitian mengenai Upacara Grebeg Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Perwujudan Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Melalui Upacara Grebeg Pancasila Di Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi. Jadi data yang digunakan berasal dari hasil observasi proses pelaksanaan Upacara Grebeg Pancasila yang diadakan di Kota Blitar, wawancara dari informan didukung dokumen sekitar, dan temuan penelitian Upacara Grebeg Pancasila di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme yang terkandung pada tiap-tiap acara pelaksanaan Upacara Grebeg Pancasila yang bisa diimplementasikan pada siswa di Kota Blitar yakni rela berkorban tanpa pamrih, kesetiaan kepada bangsa dan negara, kesatuan dan kerukunan, semangat membangun, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan mencintai warisan budaya lokal.
Downloads
References
Abdulah, T. (2001). Nasionalisme dan Sejarah. Bandung: Satya Historika.
Abdulgani, R. (1963). Pengantar Sejarah sebagai Ilmu. Bandung: IKIP. Bandung.
Aminudin. (1967). Kekuatan Islam dan Pergulatan Kekuasaan di Indonesia Sebelum dan Sesudah Runtuhnya Rezim. Universitas Michigan: Pustaka Pelajar.
Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bar-Tal. (1997). The monopolization of patriotism dalam Bar-Tal, Daniel & Staub, Ervin (ed) Patriotism-in the lives of individuals and nations. Chicago: Nelson-Hall Publisher.
Cahyo, B. U. (1995). Dinamika Pergerakan Nasional Indonesia. Semarang. UNNES Press.
Faisal, S. (1989). Format-Format Penelitian Sosial Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali.
Hatta, M. (1981). Memoirs Penders, C. L. M. (ed). Singapore: Gunung Agung.
Koentjaraningrat. (1996). Antropologi Budaya. Jakarta: PT. Gramedia.
Kohn, H. (1984). Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Jakarta: Erlangga.
Khotimah, K. (2011). Upacara Grebeg Pancasila Dalam Upaya Pengembangan Nilai- Nilai Nasionalisme di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1 (1): 1-2.
Miles & Huberman. (1992). Qualitative Data Analisis. London: Sage Publication.
Moleong, Lexy. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Pringgodigdo, A. K. (1978). Sejarah Pergerakan Rakyat Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat.
Riff, M. A. (ed). (1982). Kamus Ideologi Politik Modern. Terjemahan oleh M. Miftahuddin dan Hartian Silawati. 1995. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Satori, D. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.
Staub, E. & Schatz, R. T. (1997). Manifestations of blind and constructive patriotism: personality correlates and individual-group relations. Dalam Bar-Tal, Daniel & Staub, Ervin (ed) Patriotism-in the lives of individuals and nations. Chicago: Nelson-Hall Publisher.
Stoddard. (1964). Paradigma Nasionalisme. Bandung: Satya Historika.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kusnul Khotimah, Katon Galih Setyawan, Sukma Perdana Prasetya, Nuansa Bayu Segara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education