Pengembangan Bahan Ajar Sosiologi Mahasiswa PPKn FKIP UNIPA Surabaya

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v1i2.4481
Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Meningkatkan Hasil BelajarAbstract
Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan paket pembelajaran sosiologi yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana efektivitas pengembangan bahan ajar sosiologi Mahasiswa PPKn Angkatan 2013 FKIP UNIPA Surabaya, (2) Bagaimana hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi Mahasiswa PPKn Angkatan 2013 FKIP UNIPA Surabaya oleh ahli isi bidang studi, (3) Bagaimana hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi Mahasiswa PPKn Angkatan 2013 FKIP UNIPA Surabaya oleh Mahasiswa PPKn Angkatan 2013. Hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi oleh ahli bidang studi: 1) Bahan Ajar: didapatkan persentase sebesar 82,2%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 82,2% berada pada tingkat kualifikasi baik, 2) Esentasi Panduan Dosen: didapatkan persentase sebesar 77,5%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 77,5% berada pada tingkat kualifikasi baik, 3) Panduan Mahasiswa: didapatkan persentase sebesar 76%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 76% berada pada tingkat kualifikasi baik. Hasil uji coba pengembangan bahan ajar sosiologi terhadap Mahasiswa PPKn Angkatan 2013: 1) Bahan Ajar: didapatkan persentase sebesar 81,2%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 81,2% berada pada tingkat kualifikasi baik, 2) Panduan Mahasiswa: didapatkan persentase sebesar 80%, setelah dikonversi dengan tabel konversi, persentase tingkat pencapaian 80% berada pada tingkat kualifikasi sangat baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana.
Degeng, I. N. S. (2008). Desain Pembelajaran. Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Degeng, I. N. S. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Surabaya: Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Kartiwi, D. P. (2011). Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKsha Vol. 7 No. 2 2011.
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Dosen. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Maram, R. R. (2013). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Rineka Cipta.
Partiningsih. (2009). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparman, A. (1997). Desain Instruksional. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Syarbaini, S. S. (2004). Sosiologi dan Politik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Suyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education