Penerapan Metode Group Investigations Dalam Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Materi Integritas Nasional Kelas X APHP-1

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5458
Keywords:
Group Investigations, Ketuntasan BelajarAbstract
Pembelajaran Group Investigation adalah kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar. Metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, pada kompetensi: Integritas Nasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APHP-1 SMK Negeri 2 Mojokerto. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, dan catatan lapangan. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra-tindakan penelitian, kegiatan tindakan penelitian dan pelaporan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan Metode Group Investigations memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,71%), siklus II (77,14%), siklus III (88,57%); 2) Penerapan Metode Group Investigations mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat belajar aktif dengan Metode Group Investigations.
Downloads
References
Ahmadi, A. & Prasetya J. T. (1997). Strategi belajar mengajar: Untuk fakultas tarbiyah komponen MKDK. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ali, M. (1996). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, S. (1998). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ditjen Pendidikan Islam DEPAG RI. (2007). Model KTSP madrasah aliyah. Jakarta.
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Mills, G. E. (2003). Action research: A guide for the teacher researcher. New Jersey: Prentice Hall.
Moleong, L. J. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Reed, A. J. S. & Bergermann, V. E. (1992). A guide to observation and participation: In the classroom. Connecticut: The Dushkin Publishing Group, Inc.
Silberman, M. L. (2004). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Sukmadinata, N. S. (2004). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Mulyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education