Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Politik Indonesia Di Kelas X-MIPA 1 SMAN 3 Mojokerto

 Abstract views: 140

Authors

  • Suparman SMA Negeri 3 Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5461

Keywords:

Pembelajaran CTL, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan dan kompetensi siswa selama pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PPKn pada materi Sistem Politik Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Mojokerto, dengan objek penelitian siswa kelas X-MIPA 1 tahun ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Setelah diadakan observasi, dilanjutkan dengan penyusunan seluruh instrumen dan perangkat penelitian, kemudian setelah itu dilakukan kegiatan pembelajaran. Setelah proses analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran CTL pembelajaran PPKn mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata pengamatan pada putaran I sebesar 2,23 (kategori cukup) yang meningkat menjadi 3,05 (kategori baik) pada putaran II, serta berdasarkan data yang diperoleh dari Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PPKn pada Materi Sistem Politik Indonesia di Kelas X-MIPA 1 SMAN 3 Mojokerto selain mengembangkan kemampuan kognitif siswa, juga dapat mengembangkan kompetensi afektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suparman, SMA Negeri 3 Mojokerto, Indonesia

Guru

References

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme guru: Dalam pembelajaran. Jakarta: Insan Cendekia.

Depdiknas. (2003). Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2007). Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMA. Jakarta: Depdiknas.

Enoh, M. (2006). Model-model pembelajaran berbasis CTL. Surabaya: Unipress.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Mundilarto, R. (2004). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Muslich, M. (2007). KTSP: Panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, M. (2000). Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivisme dalam pengajaran. Surabaya: UNESA Press.

Prabowo. (1998). Metodologi penelitian. Surabaya: Unesa.

Suharsimi, A. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim BBE Depdiknas. (2002). Kecakapan hidup. Surabaya.

Published

28-04-2022

How to Cite

Suparman. (2022). Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Politik Indonesia Di Kelas X-MIPA 1 SMAN 3 Mojokerto. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5461