Gerakan Muda Berkarakter Pancasila Di Era Digital
Abstract views: 1963DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6910Keywords:
Pancasila, Karakter, Era DigitalAbstract
Pancasila adalah ideologi dari bangsa Indonesia dan telah menjadi pedoman dalam bernegara sejak resmi ditetapkannya. Segala aspek dalam kehidupan bernegara telah berorientasi pada ideologi tersebut, dalam tantangan era digital sekarang, banyak kemungkinan yang akan menggerogoti nilai-nilai karakter berPancasila khususnya di era digital. Akibatnya norma, nilai-nilai, tata kerama, adat istiadat, dan kesopanan akan luntur dan identitas negara indonesia lambat laun akan memudar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berupa studi literatur atau pustaka (library research) dengan menggunakan beberapa sumber-sumber literatur tulisan, data, dan buku-buku referensi serta artikel-artikel jurnal ilmiah lainnya. Pada penelitian ini, ada beberapa kegiatan dalam pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, dan terakhir melakukan informasi yang sesuai dengan materi pembahasan untuk menjawab rumusan masalah bahasan dan mencari solusinya. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca dan penulisnya dalam memajukan pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J.W., & Al Amin, M.D. (2019). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 11. DOI: https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945
Ardiani, E.R., Noviana, I., Mariana, A., & Nurrohmah, S. (2021). Kesantunan berkomunikasi pada media sosial di era digital. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(2), 66.
Asadullah, S.A., & Nurhalin. (2021). Peran pendidikan karakter dalam membentuk kemampuan berpikir kritis generasi muda Indonesia. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 18. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Asmaroini, A.P. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 443. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076
Dewantara, A.W. (2015). Pancasila sebagai pondasi pendidikan agama di Indonesia. Jurnal Ilmiah Civis, 5(1), 640.
Dwiputri, F.A., & Dewi, D.A. (2021). Penerapan nilai Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1268.
Effendi, F.P., & Dewi, D.A. (2021). Generasi milenial berPancasila di media sosial. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 116- 124. DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1051
Fauzi, Y.F., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15.
Febrina, F. (2019). Gotong royong sebagai natura bangsa Indonesia untuk mengatasi krisis keberagaman budaya. osf.io. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/dw465
Hanum, F.F. (2019). Pendidikan Pancasila bagi generasi milenial. Artikel Prosiding Seminar Nasional, 73.
Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 52-59, DOI: https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Riyadi Rafiki, Dinie Anggraeni Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education