Gerakan Muda Berkarakter Pancasila Di Era Digital

 Abstract views: 1963

Authors

  • Riyadi Rafiki PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6910

Keywords:

Pancasila, Karakter, Era Digital

Abstract

Pancasila adalah ideologi dari bangsa Indonesia dan telah menjadi pedoman dalam bernegara sejak resmi ditetapkannya. Segala aspek dalam kehidupan bernegara telah berorientasi pada ideologi tersebut, dalam tantangan era digital sekarang, banyak kemungkinan yang akan menggerogoti nilai-nilai karakter berPancasila khususnya di era digital. Akibatnya norma, nilai-nilai, tata kerama, adat istiadat, dan kesopanan akan luntur dan identitas negara indonesia lambat laun akan memudar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berupa studi literatur atau pustaka (library research) dengan menggunakan beberapa sumber-sumber literatur tulisan, data, dan buku-buku referensi serta artikel-artikel jurnal ilmiah lainnya. Pada penelitian ini, ada beberapa kegiatan dalam pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, dan terakhir melakukan informasi yang sesuai dengan materi pembahasan untuk menjawab rumusan masalah bahasan dan mencari solusinya. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca dan penulisnya dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riyadi Rafiki, PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mahasiswa

Dinie Anggraeni Dewi, PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Dosen

References

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J.W., & Al Amin, M.D. (2019). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 11. DOI: https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945

Ardiani, E.R., Noviana, I., Mariana, A., & Nurrohmah, S. (2021). Kesantunan berkomunikasi pada media sosial di era digital. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(2), 66.

Asadullah, S.A., & Nurhalin. (2021). Peran pendidikan karakter dalam membentuk kemampuan berpikir kritis generasi muda Indonesia. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 18. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Asmaroini, A.P. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 443. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076

Dewantara, A.W. (2015). Pancasila sebagai pondasi pendidikan agama di Indonesia. Jurnal Ilmiah Civis, 5(1), 640.

Dwiputri, F.A., & Dewi, D.A. (2021). Penerapan nilai Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1268.

Effendi, F.P., & Dewi, D.A. (2021). Generasi milenial berPancasila di media sosial. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 116- 124. DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1051

Fauzi, Y.F., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15.

Febrina, F. (2019). Gotong royong sebagai natura bangsa Indonesia untuk mengatasi krisis keberagaman budaya. osf.io. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/dw465

Hanum, F.F. (2019). Pendidikan Pancasila bagi generasi milenial. Artikel Prosiding Seminar Nasional, 73.

Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 52-59, DOI: https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705

Published

28-10-2022

How to Cite

Riyadi Rafiki, & Dinie Anggraeni Dewi. (2022). Gerakan Muda Berkarakter Pancasila Di Era Digital. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 83–90. https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6910