Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aplikasi Quizizz Pada Materi Sistem Dan Dinamika Demokrasi Pancasila Kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Surabaya

 Abstract views: 397

Authors

  • Siswati Purbayatri SMA Negeri 1 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7184

Keywords:

Hasil Belajar, Aplikasi Quizizz, Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Surabaya yang berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 27 peserta didik perempuan pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila melalui aplikasi quizizz .Siklus I sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata 68,44 dengan peserta didik 51 % yang tuntas. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 77,34 dengan peserta didik 86% yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siswati Purbayatri, SMA Negeri 1 Surabaya, Indonesia

Guru

References

Alexandro, R., & Saputra, S. (2021). Analisis Pemanfaatan Dana Desa Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat: Analysis of Village Fund Utilization in Improving Community Economy. Anterior Jurnal, 21(1), 86-92. DOI: https://doi.org/10.33084/anterior.v21i1.2668

Arienti & Fitriyani. (2022). Modulku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/MA XI,44. Surakarta : Mediatama

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, dalam Suprijono, 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiarti, S., & Rohmah, S. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta di Tengah Pendemi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), 1142-1148

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 199-204. DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara

Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 231-240. DOI: https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i5.737

Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 163-178. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI hal.40, Jakarta : Pusat Kurikulum dan perbukuan,Balitbang,Kemdikbud

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Manurung, I. F. U., & Nurhairani, N.(2020) Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd. Js (Jurnal Sekolah), 4(2), 297-301. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v4i2.19115

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.

Safitri, N., & Hamidah, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 pada Kelompok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4387-4395.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ, 4(2), 163-173 DOI: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Saraswati, S., & Eny,B.N.W. (2010). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Fip Unnes Semester I Tahun Akademik 2009/2010 Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(2).

Saraswati, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS PANDUAN LENGKAP DAN PRAKTIS. Indramayu : CV. Adanu Abimata.

Setiyadi, B., Segara, R. M., & Sinambela, R. H. (2020). Prosedur Dan Tata Kerja Pendidikan Non Formal. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 12-19. DOI: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21288

Simanjuntak, D. S., Nadapdap, K. M. N., & Winarto, W. (2017). Pengaruh Persepsi Penilaian Prestasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 3(2), 6-13. DOI: https://doi.org/10.26487/jbmi.v13i3.1705

Situmorang, R., & Sinuraya, E. (2015). Hubungan Minat Belajar Dan Pengetahuan Menggambar Teknik Dengan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1). DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i1.4805

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yunus, N. R. (2015). Aktualisasi Demokrasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Sosio Dialektika, 2(2), 156-166. DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2815

Zulkarnaen, A. H. (2018). Eksistensi Lembaga Kerjasama Bipartit Dalam Perspektif Negara Kesejahteraan Dan Hak Asasi Manusia. UNIFIKASI: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 45-57 DOI: https://doi.org/10.25134/unifikasi.v5i1.787

Published

28-04-2023

How to Cite

Siswati Purbayatri. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aplikasi Quizizz Pada Materi Sistem Dan Dinamika Demokrasi Pancasila Kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7184