Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Aplikasi Quizizz Pada Materi Sistem Dan Dinamika Demokrasi Pancasila Kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Surabaya

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7184
Keywords:
Hasil Belajar, Aplikasi Quizizz, Sistem dan Dinamika Demokrasi PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Surabaya yang berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 27 peserta didik perempuan pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila melalui aplikasi quizizz .Siklus I sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata 68,44 dengan peserta didik 51 % yang tuntas. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 77,34 dengan peserta didik 86% yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila.
Downloads
References
Alexandro, R., & Saputra, S. (2021). Analisis Pemanfaatan Dana Desa Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat: Analysis of Village Fund Utilization in Improving Community Economy. Anterior Jurnal, 21(1), 86-92. DOI: https://doi.org/10.33084/anterior.v21i1.2668
Arienti & Fitriyani. (2022). Modulku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/MA XI,44. Surakarta : Mediatama
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom, dalam Suprijono, 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Budiarti, S., & Rohmah, S. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta di Tengah Pendemi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), 1142-1148
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 199-204. DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara
Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 231-240. DOI: https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i5.737
Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 163-178. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. -- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI hal.40, Jakarta : Pusat Kurikulum dan perbukuan,Balitbang,Kemdikbud
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Manurung, I. F. U., & Nurhairani, N.(2020) Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd. Js (Jurnal Sekolah), 4(2), 297-301. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v4i2.19115
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.
Safitri, N., & Hamidah, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 pada Kelompok Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4387-4395.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ, 4(2), 163-173 DOI: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Saraswati, S., & Eny,B.N.W. (2010). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Fip Unnes Semester I Tahun Akademik 2009/2010 Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(2).
Saraswati, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS PANDUAN LENGKAP DAN PRAKTIS. Indramayu : CV. Adanu Abimata.
Setiyadi, B., Segara, R. M., & Sinambela, R. H. (2020). Prosedur Dan Tata Kerja Pendidikan Non Formal. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 12-19. DOI: https://doi.org/10.19184/jlc.v4i2.21288
Simanjuntak, D. S., Nadapdap, K. M. N., & Winarto, W. (2017). Pengaruh Persepsi Penilaian Prestasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 3(2), 6-13. DOI: https://doi.org/10.26487/jbmi.v13i3.1705
Situmorang, R., & Sinuraya, E. (2015). Hubungan Minat Belajar Dan Pengetahuan Menggambar Teknik Dengan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1). DOI: https://doi.org/10.24114/jptk.v17i1.4805
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yunus, N. R. (2015). Aktualisasi Demokrasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Sosio Dialektika, 2(2), 156-166. DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2815
Zulkarnaen, A. H. (2018). Eksistensi Lembaga Kerjasama Bipartit Dalam Perspektif Negara Kesejahteraan Dan Hak Asasi Manusia. UNIFIKASI: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 45-57 DOI: https://doi.org/10.25134/unifikasi.v5i1.787

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siswati Purbayatri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education