Perkembangan Agama Dan Sikap Toleransi Beragama Desa Ngrangsang Selomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

 Abstract views: 100

Authors

  • Bernadetta Budi Lestari PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Suhartono PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7206

Keywords:

Toleransi Pertengkaran, Kerukunan

Abstract

Toleransi beragama perlu ditanamkan dalam sanubari Bangsa Indonesia pada umumnya dan pada masyarakat Desa Ngrangsang, Selomartani, Kalasan, Sleman Yogyakarta. Dalam hal ini peneliti tertarik pada masyarakat yang tinggal Desa Ngransang, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Toleransi dalam pergaulan antar umat beragama bermula dari penghayatan ajaran agama masing-masing. Demi memelihara kerukunan beragama sikap toleransi harus dikembangkan untuk menghindari pertengkaran. Biasanya pertengkaran masyarakat beragama disebabkan oleh perasaan dirinya atau agamanya paling benar, sedangkan orang lain dianggap tidak benar. Negara Indonesia masyarakatnya mayoritas memang beragama Islam, tetapi fakta sejarah mengakui bahwa negeri ini berdiri berdasarkan keanekaragaman suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya. Untuk itulah toleransi harus ditanamkan dalam sanubari setiap warga negaranya guna untuk memupuk kebersmaan umat beragama di seluruh Indonesia agar tercapai rasa aman, tenteram, dan damai, tanpa mengurangi rasa kebebasan beragama sesuai yang dianutnya. Dari hasil penelitian ini kerukunan beragama di Desa Ngrangsang, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, sejak jaman kemerdekaan hingga kini tetap aman dan damai, tidak pernah bersinggungan sedikit pun di antara pemeluk agama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bernadetta Budi Lestari, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Dosen

Suhartono, PPKn, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Dosen

References

Ardhana, W. (1996). Atribusi terhadap sebab-sebab keberhasilan dan kegagalan serta kaitannya dengan motivasi untuk belajar. Malang: PPS IKIP Malang.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, U. (1998). Penerapan pembelajaran kooperatif di dalam kelas (suatu pemikiran). Surabaya: Universitas Pers IKIP Surabaya.

Degeng, N. S. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta: Dikti P2LPTK.

Santoso, B. (1999). Cooperative learning: Penerapan teknik jigsaw dalam pembelajaran. Jurnal Edisi II: Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Timur.

Sardiman. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W. S. (1993). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.

Published

28-04-2023

How to Cite

Bernadetta Budi Lestari, & Suhartono. (2023). Perkembangan Agama Dan Sikap Toleransi Beragama Desa Ngrangsang Selomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7206