Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Konvensional, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya

 Abstract views: 324

Authors

  • Indah Novitasari SD Negeri Tandes Kidul I/110 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7257

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Model Pembelajaran Konvensional, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kesiapan dari pendidik dalam proses pembelajaran. Pendidik dalam belum menerapkan model pembelajaran yang optimal, sedangkan model pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dari kegiatan pembelajaran. Aktivitas model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan lebih banyak dengan cara mendengarkan penjelasan guru di depan kelas dan biasanya guru juga memberikan tugas pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan di sekolah dan rumah adalah dengan model pembelajaran berbasis proyek karena dengan memberikan tugas pada peserta didik mendapatkan perhatian lebih dari orang tua dalam mencapai hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan perhatian orang tua terhadap peserta didik kelas II. Dari analisis dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan H0 = 0,05 > 0,000 sehingga, H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat dilihat dari skor adalah 4 sedangkan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 2,85. 3) Untuk angket hasil yang digunakan pembelajaran berbasis proyek sebesar 87,83 lebih baik dari rata-rata model pembelajaran konvensional yaitu 58,58. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi dari model pembelajaran berbasis proyek ini lebih tinggi daripada hasil belajar tematik dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Indah Novitasari, SD Negeri Tandes Kidul I/110 Surabaya, Indonesia

Guru

References

_______. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik.

Mahanal, S., dkk. (2009). Pengaruh pembelajaran project based learning (PjBL). Bandung: Rosdakarya.

Martono, N. (2011). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. “Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten tahun pelajaran 2013/2014”.

Tiantong, M. & Siksen, S. (2013). “The online project-based learning model based on student’s multiple intelligence”.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2010). Pedagogik terapan. Surabaya.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: IKAPI.

Published

28-04-2023

How to Cite

Indah Novitasari. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Konvensional, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7257