Implementasi Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Games Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII MTsN 3 Banyuwangi

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v3i2.8163
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Simulation Games, Komunikasi InterpersonalAbstract
Komunikasi interpersonal adalah interaksi seseorang pada orang lain dalam situasi dan bidang kehidupan, menimbulkan kebahagiaan dan keputusan hati pada kedua belah pihak. Usia sekolah merupakan usia yang cocok bagi anak diajarkan interpersonal. Melalui komunikasi individu menciptakan dan mengelola hubungan. Tanpa komunikasi hubungan tidak akan terjadi. Masalah penelitian ini adalah komunikasi interpersonal siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok simulation games untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII MTsN 3 Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah pre-test post-test dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII MTsN 3 Banyuwangi yang dikategorikan memiliki komunikasi interpersonal yang rendah. Kemudian didapatkan 32 sampel dengan kategori rendah melalui Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan simulasi skor yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 523 dengan rata-rata 65,38 dan skor dikelas kontrol sebesar 568 dengan rata-rata 71 dan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok menggunakan permainan simulasi skor di kelas eksperimen berubah menjadi 1253 dengan rata-rata 156,63 dan skor di kelas kontrol sebesar 876 dengan rata-rata 109,5. Sehingga dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa teknik permainan simulasi dalam layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di sekolah dengan pengaruh 85% dan termasuk kategori sangat efektif.
Downloads
References
Achmad Junika Nurihsan. 2014. Strategi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Grasindo.
Alo Liliweri. 2014. Sosiologi & komunikasi organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Alvonco, Johnson. 2014. Practical Communication Skill. Jakarta : Penerbit PT. Elex Media Komputindo.
Amirah Diniaty. 2013. Instrumentasi dalam Bimbingan Konseling. Pekanbaru: Cadas Press.
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. K. 2010. Introduction to research in education (8th ed). Wadsworth
Gaby Yohardini, Khairul Bariyyah, Romia Hari Susanti, 2017. Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi,
Goleman, Daniel. 1996. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hartinah,S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Implementasi BK Kelompok dengan Teknik Simulation Games untuk meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. 2006. Cooperative learning and individual student achievements in secondary schools. In L. B. Resnick, R. Säljö, C. Pontecorvo, & B. Burge (Eds.), Discourse, Tools, and Reasoning: Essays on Situated Cognition (pp. 73-89). Springer.
Keith, T. Z., & Frese, K. M. 2005. Simulation games: An active learning tool. Journal of Political Science Education, 1(3), 281-294.
Lilis, Satriah. 2017. Bimbingan dan Konseling Kelompok Setting Masyarakat. Bandung : Fokusmedia.
Luddin, Abu Bakar M. 2010. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Media Perintis.
Luddin, Abu Bakar M. 2012.Konsling Individual dan Kelompok. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis
Masdudi. 2012. Bimbingan dan Konseling: Perspektif Sekolah. Cirebon: Al-Tarbiyah press.
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2012. Cultures and Communication: An Indonesian Scholar’s Perspective. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Agama Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Magelang: Pustaka Pelajar.
Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 2004. Seri Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Raja Rahima dan Fitra Herlinda. 2017. Instrumen BK 1 Teknik Non Tes (Teori dan Praktek). Pekanbaru: Cahaya Firdaus Design.
Romlah, Tatik. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Schuster, S. R., & Feldman, M. D. 2015. Simulations in medical education: Ethical considerations. Medical Education, 49(6), 581-587.
Smith, K. M., & Boyd, F. B. 2011. The efficacy of simulation games as teaching tools: A review of the literature. Simulation & Gaming, 42(6), 725-760.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.
Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Suranto. 2014. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu
Whitton, N. 2010. Learning with digital games: A practical guide to engaging students in higher education. Routledge.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Hikmah Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education