Pengaruh Korean Wave Terhadap Identitas Nasional Gen-Z Di Era Digital

DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v4i1.8426
Keywords:
Korean Wave, Identitas Nasional, Gen-ZAbstract
Drama Korea, musik K-Pop, serta tren-tren busana nyentrik ala Bintang Korea atau dikenal sebagai Korean Wave kini tengah masif digemari oleh kalangan Gen-Z. Berbagai ragam bahasa pun digunakan ketika berinteraksi satu sama lain. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran era digital yang menjadi ceruk untuk masuk dan keluarnya berbagai hal termasuk kebudayaan hingga jika tidak terjadi filtrasi akan menimbulkan banyak potensi konflik, baik secara penyimpangan norma maupun krisis identitas nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan populasi dan sampling berdasarkan rumus Slovin sebanyak 261 responden. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan skor skala Likert yang telah diuji validitasnya dengan uji v Aiken yang menunjukkan hasil valid dan reliabel berdasarkan uji alpha cronbach. Hipotesis penelitian terdiri H0 (Korean Wave tidak berpengaruh terhadap identitas nasional) dan Ha (Korean Wave berpengaruh terhadap identitas nasional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korean Wave tidak memengaruhi identitas nasional seseorang secara signifikan, akan tetapi keduanya memiliki hubungan korelasi yang positif sebesar 0,6% yang berarti ada 99,4% faktor lainnya yang akan mempengaruhi identitas nasional seseorang yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Meskipun tingkat minatnya terhadap Korean Wave tinggi tetapi tidak melunturkan identitas nasional pada individu dalam subjek penelitian ini.
Downloads
References
Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 996-998. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2294 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2294
Firdaus, U. U. C., & Ahadah, A. M. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa Di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya Tahun 2021. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 107-116. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pacivic/article/view/6912 DOI: https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6912
Julianty, A. A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Nasional Bangsa Indonesia Saat Ini. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3 (1), 964–968. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2442
Kuntarto, N. M. (2021). Selisik linguistik forensic penanganan konflik komunikasi. Elex Media Komputindo.
Kurniasih, L. W. (2023). Pengaruh fenomena hallyu (Korean wave) terhadap gaya hidup remaja army (adorable representative M.C. for youth) Banyuwangi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Machdi, I. F. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Materi Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 21 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 113-122. DOI: https://doi.org/10.36456/p.v3i2.8047
Putri, P. A. (2021). Tren perilaku remaja “memuja” (adorable) budaya k-pop studi kasus: komunitas diff (do it for fun) di kelurahan Bukit Apit Puhun kota Bukit Tinggi. Skripsi. Universitas Andalas.
Rohmawati, U. (2021). Bahayanya budaya asing masuk di Indonesia. URL: https://iaintuban.ac.id/2021/11/09bahayanya-budaya-asing?masukdiindonesia/. Diakses tanggal 17 Februari 2023.
Wicaksono, M. A., & Maryana, D. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 74-85. DOI: https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35
Yuliananda, A. (2023). Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Siswa Penggemar K-Pop di Kelas XI SMK Negeri 12 Surabaya. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 765-774. https://journal.ikmedia.id/index.php/jishum/article/view/136 DOI: https://doi.org/10.57248/jishum.v1i3.136
Zakiah, K. et al. 2019. Menjadi Korean di Indonesia : mekanisme perubahan budaya Indonesia-Korea. MediaTur, 12(1).

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsabila Syifa, Pramudita Vancia Hably, Allesandra Geraldine, Cyntia Alvionita, Santi Nugraha, Erna Megawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education