Upaya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Profil Pelajar Pancasila Di SMA Pada Era 5.0
Abstract views: 524DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v4i1.8440Keywords:
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Era 5.0Abstract
Dalam masyarakat modern seperti saat ini banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan terhadap suatu negara, salah satunya adalah terkikisnya nilai-nilai luhur yang melekat pada suatu negara, hal ini yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak pelajar dan remaja yang mengalami kerusakan moral akibat berbagai faktor seperti globalisasi, pertemanan, media elektronik, narkoba, alkohol dan pengaruh negatif lainnya. Hal ini pada akhirnya menimbulkan krisis akhlak dan akhlak yang diwujudkan dalam ketidakadilan, ilegalitas dan pelanggaran hak asasi manusia, serta kurangnya pemahaman, penghayatan dan keyakinan terhadap keutamaan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Berdasarkan paparan latar belakang di atas, tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan sebagai upaya menghadapi era society 5.0 bersama profil pelajar Pancasila dengan penuh semangat menanamkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan keberagaman berdasarkan sila Pancasila berjalan dengan baik di SMA Negeri 1 Mayong. Implementasi Pancasila di sekolah pada dasarnya harus ada pengarahan mengenai pembentukan karakter siswa yang memiliki rasa cinta tanah air, toleransi, menjunjung nilai kebhinnekaan, beretika 5 S, bertanggung jawab. Sehingga dapat menghasilkan generasi yang membangun dan memperjuangkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dengan penuh semangat yang tinggi.
Downloads
References
Astuti & Dinie A. D. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. Journal of Education, Psychology, and Counseling: EduPsyCouns, Volume 3 Nomor 1, ISSN Online: 2716-4446.
Branson, M. S. (Eds). (1999). Belajar civic Education dari Amerika. (Terjemahan Syarifudin, dkk) Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) dan The Asia Foundation (TAF).
Budi, M. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal.
Diputera, A. M., Suri, H. D., & Vera W. (2022). “Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 8.1. DOI: https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650
Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Vol. 2, No. 2, 66-78, E-ISSN: 2614-6916. DOI: https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546
Harun, S. (2022). “Pembelajaran di era 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Hatta, M. (1977). Pengertian Pancasila. Idayu Press,
Hidayat & Dinie A. D. (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. Journal of Education, Psychology, and Counseling: EduPsyCouns, Volume 3 Nomor 1, ISSN Online: 2716-4446.
Indri F. J., Dinie A. D., & Yayang F. F. (2021). Menerapkan Nilai–nilai Pancasila dalam Kegiatan Kepramukaan. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 3.
Irawan, A. D., Adibah, L. N., & Toniek, D. I. V. (2023). Pancasila Sebagai Ideologi Yang Khas Dan Identitas Bangsa Indonesia. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 11-21. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pacivic/article/view/7191 DOI: https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7191
Kurniasih, A. D. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Astha Brata Untuk Mewujudukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Sekolah Penggerak. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 56. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57773 DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57773
Sunardi. (2016). Dasadharma pramuka dapat menjabarkan menjadi banyak sikap-sikap dalam hidup dan berpola tingkah laku yang sesuai.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal Teknodik, 25(2), 155. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897 DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Zaman, A. Q., Irnawati, I., & Widyatama, P. R. (2023). PPKn Teachers’ Efforts in Understanding Students Through the Merdeka Belajar Curriculum. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(4), 459-468. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/13077
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miftakhul Jannah, Fikriyatul Munawwaroh, Zuyyina Fuadah, Muhammad Fikri, Abdun Nasir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education