Nilai-Nilai Pancasila Yang Terkandung Dalam Tradisi Adat Flores, Nusa Tenggara Timur
Abstract views: 48DOI:
https://doi.org/10.36456/p.v4i2.9704Keywords:
Nilai-Nilai Pancasila, Tradisi Adat, FloresAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis akan nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam tradisi adat yang ada pada masyarakat Flores, Nusa Tenggara Timur. Tradisi lokal ini sering kali mengandung esensi Pancasila yang secara langsung maupun tidak langsung dapat menjadi panduan dalam menjaga persatuan bangsa dan melestarikan budaya. Dalam konteks globalisasi dan ancaman budaya asing, penting untuk memperkuat pemahaman bahwa praktik budaya lokal Indonesia memiliki relevansi tinggi terhadap nilai-nilai dasar negara itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data penelitian yang diperoleh melalui penelaahan berbagai sumber pustaka, seperti buku cetak maupun buku elektronik, jurnal-jurnal, dan dokumen lainnya yang berkaitan erat dengan nilai-nilai Pancasila dan tradisi adat yang tersebar di wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tradisi masyarakat yang tersebar di Flores merefleksikan lima sila Pancasila, seperti kepercayaan kepada Tuhan dalam upacara adat, sikap kemanusiaan dalam wujud gotong royong, persatuan dalam kerukunan masyarakat tersebut, serta keadilan sosial dalam pembagian sumber daya yang dimiliki. Kesimpulannya, bahwa tradisi adat Flores berperan sangat penting dalam memelihara dan mewariskan nilai-nilai Pancasila kepada generasi berikutnya melalui wujud penerapan yang diimplementasikan.
Downloads
References
Abidin, M. S., Nursalim, N., & Pristiani, Y. D. (2022, December). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila dalam Tarian Caci di Desa Benteng Suru Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat. Dalam Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, hal. 59-67). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/2994
Ade, A. N., Pramartha, I. N. B., & Yasa, I. N. K. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TRADISI LOGU SENHOR DI DESA SIKKA, KECAMATAN LELA, KABUPATEN SIKKA: Value Of Character Education In The Logu Senhor Tradition In Sikka Village, Lela District, Sikka District. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial, 4(2), 153-164. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/nirwasita/article/view/3112
Aini, N. Q., & Dewi, D. A. (2022). Sistem Etika Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11120-11125. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4200
Ajito, T., Lodo, R. Y., & Mola, M. (2022). Nilai Budaya Pendidikan Olahraga “Etu “Dalam Mendukung Pembelajaran Olahraga di Kabupaten Nagekeo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 851-856. https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/206
Amanda, M. D., Santoso, G., Puspita, A. M. I., & Imanda, F. A. (2023). Kontribusi Masyarakat dalam Perspektif Ketahanan Nasional Indonesia di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 45-63. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/1049
Billah, H. U., Yunita, M. A., Pratama, M. A., & Kembara, M. D. (2023). Kesadaran berpancasila dalam mempertahankan identitas nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113-121. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/1373
FITRIYA, L. (2023). DIRIKU DAN KEGEMARANKU: Menumbuhkan Sikap Saling Menghargai Keberagaman Identitas. Penerbit P4I.
Hidayat, E. (2016). Perlindungan hak asasi manusia dalam negara hukum indonesia. ASAS: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 8(2). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/asas/article/view/1249
Idayanti, S. (t.t). GLOBALISASI HUKUM. Cipta Media Nusantara.
Mulyati, M. (2019). Semana Santa, Tradisi Paskah Umat Katolik Di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Walasuji, 10(2), 203-218.
Muslimin, H. (2016). Tantangan terhadap pancasila sebagai ideologi dan dasar negara pasca reformasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 30-38. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jch/article/viewFile/1791/1155
Pratama, A. H., Putranami, M. F., & Giovany, D. F. (2024). Pancasila Sebagai Fondasi Moral Dan Intelktual Bangsa Realitas Dan Tantangan Dalam Konteks Masyarakat Modern. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(03), 126-135. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/402
Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 78-86. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/114
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Ripo, F., Sriwahyuni, S., Indrabudiman, M., & Akhiruddin, A. (2022). Makna Upacara REBA (Studi Kehidupan Terhadap Masyarakat di Desa Ngoranale Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngadanusa Tenggara Timur). JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 123-132. https://www.bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/1864
Riskiyono, J. (2015). Partisipasi masyarakat dalam pembentukan perundang-undangan untuk mewujudkan kesejahteraan. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 6(2), 159-176. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/511
Sadono, S. (2023). BUDAYA NUSANTARA. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sepyah, S., Hardiyatullah, H., Hamroni, H., & Jayadi, N. (2022). PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DESA DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN PUBLIK TERHADAP PENGUATAN DEMOKRASI DESA. AL-BALAD: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 2(2), 1-12. https://ejournal.stisdarussalam.ac.id/index.php/jurdar/article/view/108
Siburian, P. R. (2024). PRINSIP KESATUAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT YANG HARMONIS. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(4), 42-46. http://jurnalistiqomah.org/index.php/jppi/article/view/1363
Silvia, A. N., & Myrna, R. (2023). Peran Masyarakat Dalam Proses Perencanaan Anggaran Publik Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Dan Efektivitas Penggunaan Dana Publik. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/11145
Sitanggang, H., Fatonah, F., Nurhayati, N., Pardede, Y., & Defrianti, D. (2023, Desember). Peranan Adat Melayu dalam Membangun Identitas Budaya. Dalam Prosiding Seminar Nasional Humaniora (Vol. 3, hal. 16-25). http://conference.unja.ac.id/SNH/article/view/232
Umihani, U. (2019). Problematika Mayoritas Dan Minoritas Dalam Interaksi Sosial Antar Umat Beragama. Tazkiya, 20(02), 248-268. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/download/2374/1790
Usman, A. (2024). Ende City of Tolerance: Praktik Toleransi dan Relevansinya dengan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila.
Widyatama, P. R. (2023). Penanaman nilai karakter cinta tanah air pada siswa di SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(2), 174-187. https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/213
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prisko Yanuarius Djawaria Pare, Fransiskus Xaverius Barest Ushiro Tandafatu, Margareta Sendi Mbagha, Mario Oktavianus Raja, Wihelmince Yasinta Ngaza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is fully held by the article Author in PACIVIC: Journal of Pancasila and Civic Education