WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BINOMIAL BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA SE-SURABAYA

 Abstract views: 79

Authors

  • Eko Sugandi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rani Kurnia Putri
  • sunyoto hadi prayitno
  • Nur Fathonah
  • Sri Rahmawati Fitriatien

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7692

Keywords:

Media pembelajaran, Binomial, Guru Matematika

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi numerasi berakibat pada kesulitan yang dialami peserta didik dalam menerapkan berbagai macam konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. Guru harus memiliki kemampuan dalam memperkaya wawasan peserta didik untuk meminimalisir kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik khususnya pemahaman pada materi Binomial. Media pembelajaran menjadi alat bantu yang efektif untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara di SMA Negeri 22 diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa guru yang masih kurang mampu memahami dan mengembangkan media pembelajaran matematika khususnya pada materi Binomial. Sehingga, dilaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat program studi Pendidikan Matematika pada guru-guru MGMP se-Surabaya yang bertempat di aula SMA Negeri 22 Surabaya. Tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran matematika materi Binomial. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan workshop sejumlah 43 orang. Berdasarkan hasil angket yang diberikan mayoritas guru sangat puas dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan. Lebih dari 50% guru memiliki kemampuan baru khususnya pengembangan media pembelajaran Binomial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, N., & Nuranti, G. (2022). Pendalaman Materi Substansi Matematika Dengan Tema Peluang Binomial. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 819. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8697

Fitriani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Jurnal Kependidikan : Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Departemen Pendidikan Sejarah , FPIPS , Universitas Pendidikan Indonesia Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Kuningan * Corresp. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97–109.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Maki, M., Marzal, J., & Saharudin. (2018). Efektivitas Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Apos pada Materi Statistika dan Peluang. Edumatica, 8(2), 68–80.

Maryati, I. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Pradewo, B. (2023). Kemendikbudristek Ungkap Rata-Rata Skor Kompetensi Guru 50 , 64 Poin. Jawa Pos.

Purnama, A., Wijaya, T. T., Dewi, S. N., & Zulfah, Z. (2020). Analisis Buku Siswa Matematika SMA dari Indonesia dan China Pada Materi Peluang dan Statistik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.305

Sugandi, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., & Nugraheni, L. (2021). Workshop Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis Learning Management System (LMS) Bagi Guru SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal PADI-Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 4(1), 1–6.

Suharsono, A., Mashuri, M., Hidayatul, W., & Muhammad, K. (2023). Pelatihan Pembelajaran Statistika untuk Peningkatan Kompetensi Guru Matematika di Kabupaten Sumenep. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1–10.

Tarigan, A. I., Idayani, D., Anastassia, S., & Kharis, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Siswa SMA dengan Pemanfaatan Software GeoGebra. 3(1), 149–160.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##