FALSIFIKASI PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS

 Abstract views: 52

Authors

  • Nukmatus Syahria Universitas PGRI Adi Buana
  • Ferra Dian Andanty Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rahmat Setiawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Salim Nabhan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hapsari Mutya Rini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hizkia Tri Wibawa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7804

Keywords:

pengajaran, pembelajaran, menulis, teks, guru

Abstract

Menulis merupakan salah satu kompetensi yang menjadi asesmen dalam melihat kompetensi atau level literasi pembelajar. Seminar dan pelatihan pengabdian masyarakat yang dilakukan peneliti mengungkapkan masalah bahwa banyak guru melakukan beberapa kekeliruan dalam memperlakukan teks bacaan dan kepenulisan sehingga menyulitkan siswa dalam belajar menulis. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data berupa pernyataan hasil dari forum diskusi kelompok. Subjek penelitian adalah beberapa guru Bahasa Inggris SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuisioner tertutup dengan tujuan agar peneliti mendapat data mutlak. Kuisioner tertutup ini memuat 5 pertanyaan terkait publikasi. Kuisioner tertutup memuat opsi jawaban 4 dengan skala positif dan negatif. Langkah pengumpulan data menyesuaikan dengan prosedur pengabdian kepada masyarakat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis konten dengan tujuan untuk mengeksplorasi jawaban dari para responden penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan proses pengajaran dan pembelajaran yang justru membuat siswa memiliki kompetensi menulis yang kurang baik. Falsifikasi tersebut terjadi karena guru berfokus pada bagaimana anak memahami jenis teks, struktur organisasi teks, dan pemahaman kognitif, bukan praktik. Oleh karena itu, siswa memiliki beban berlebih pada level pemahaman, bukan pada lebih praktik atau menciptakan, padahal kompetensi menulis terlihat dari aspek praktiknya, bukan pemahamannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aljahdali, W., & Alshakhi, A. (2021). Exploring efl writing teaching through the integrated skills approach: A case study in the saudi context. Journal of Language Teaching and Research, 12(5). https://doi.org/10.17507/jltr.1205.20

Anshu, A. H., & Yesuf, M. Y. (2022). Effects of Collaborative Writing on EFL Students’ Paragraph Writing Performance: Focus on Content and Coherence. International Journal of Education and Literacy Studies, 10(1). https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.10n.1p.36

Erdoğan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11).

Firman, M. (2022). The Use of Literature in Teaching English to Enhance EFL Students’ Writing Skill. Journal of Educational Study, 2(1). https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.222

Hidayati, K. H. (2018). Teaching Writing to EFL Learners: An Investigation of Challenges Confronted by Indonesian Teachers. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 4(1). https://doi.org/10.31332/lkw.v4i1.772

Hosseini, M., Taghizadeh, M. E., Abedin, M. J. Z., & Naseri, E. (2013). In the Importance of EFL Learners’ Writing Skill: Is there any Relation between Writing Skill and Content Score of English Essay Test? International Letters of Social and Humanistic Sciences, 6. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilshs.6.1

Languaging and Writing Skill: The Effect of Collaborative Writing on EFL Students’ Writing Performance. (2015). Advances in Language and Literary Studies, 6(1). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.1p.203

Mali, Y. C. G. (2023). Narratives of Two Indonesian Lecturers about Challenges of Writing an Undergraduate EFL Thesis. Journal of Foreign Language Teaching and Learning, 8(1). https://doi.org/10.18196/ftl.v8i1.17551

Nguyen, T. T. T., & Phuong, H. Y. (2021). The Impacts of Collaborative Writing on EFL Students’ Paragraph Writing Performance. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS). https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v4i4p117

Nurkholijah, N., & Hafizh, M. Al. (2020). An Analysis of Causes of Students’ Problems in Writing Recount Text. Journal of English Language Teaching, 9(3).

Rofiqoh, Basthomi, Y., Widiati, U., Puspitasari, Y., Marhaban, S., & Sulistyo, T. (2022). Aspects of Writing Knowledge and EFL Students’ Writing Quality. Studies in English Language and Education, 9(1). https://doi.org/10.24815/siele.v9i1.20433

Sari, M. K. (2017). An Analysis of Students’ Problem in Writing Recount Text. Journal Educative, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/educative.v2i1.316

Singaravelu, G., Peter, J., & Singaravelu, G. (2020). Problems in Writing in English among High School Learners. Aegaeum Journal, 8(9).

Stæhr, L. S. (2008). Vocabulary size and the skills of listening, reading and writing. Language Learning Journal, 36(2). https://doi.org/10.1080/09571730802389975

Toba, R., Noor, W. N., & Sanu, L. O. (2019). The Current Issues of Indonesian EFL Students’ Writing Skills: Ability, Problem, and Reason in Writing Comparison and Contrast Essay. Dinamika Ilmu. https://doi.org/10.21093/di.v19i1.1506

Yang, A., Stockwell, S., & McDonnell, L. (2019). Writing in your own voice: An intervention that reduces plagiarism and common writing problems in students’ scientific writing. Biochemistry and Molecular Biology Education, 47(5). https://doi.org/10.1002/bmb.21282

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##