PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL HASIL PTK BAGI GURU SMP/MTS KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK

 Abstract views: 101

Authors

  • Ira Eko Retnosari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tri Indrayanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sunu Catur Budiyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7857

Keywords:

penyusunan artikel, hasil PTK, Guru SMP/MTs

Abstract

Guru profesional harus memunyai berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan menulis artikel, khususnya hasil PTK. Artikel hasil PTK perlu dibuat guru dalam untuk kenaikan pangkat, jabatan, dan golongan sehingga mengalami peningkatan karier, guru juga mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru belum mampu menulis artikel.

Metode pelaksanaan PkM ini, yaitu obeservasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap observasi lapangan adalah tim PkM menentukan tiga kriteria yaitu objek, materi, dan organisasi. Pada tahap pelaksanaan, tim PkM melakukan pelatihan dan bimbingan secara berkala kepada peserta dalam membuat penulisan artikel hasil PTK melalui email. Tahap evaluasi yaitu PkM melakukan revisi dengan mengecek hasil penulisan artikel hasil PTK yang dibuat oleh peserta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) guru sudah dapat menulis artikel hasil PTK, (2) guru dalam menulis artikel hasil PTK masih ditemukan yang belum sesuai, misalnya metode kurang tepat, literatur terlalu lama, dan pembahasan kurang tajam. Beberapa guru belum menyelesaikan revisi sampai pelaksanaan PkM berakhir. Hal tersebut disebabkan waktu yang terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, Imam dan Rachmadi. 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21 dalam Jurnal Pendidikan Pancasila (DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-)

Gilinsky, A., Forbes, S. L., dan Reed, M. M. 2016. Writing Cases to Advance Wine Business Research and Pedagogy. Wine Economics and Policy, 5, 60-67. http://dx.doi.org/10.1016/j. wep.2016.04.001.

Gunawan, I. 2015. Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23 Agustus, hlm. 305-312.

Hadriyanto, Soleh. 2013. Peningkatan Karier Guru Melalui Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Makalah disampaikan dalam Seminar Upacara Penyerahan Ijazah UT UPBJJ Bandung.

Kemendikbud. 2019. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen GTK.

Larasati, R. T. 2014. Faktor-faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Luji, Daud Saleh, dkk. 2022. Pendampingan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas di Sabu Raijua. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 6, No. 5. Hlm. 1155-1159

Ortinau, D. J. 2011. Writing and Publishing Important Scientific Articles: A Reviewer’s Perspective. Journal of Business Research, 64, 150-156. doi:10.1016/j.jbusres.2010.02.002.

Prabawati, Mega Nur dan Muslim, Siska Ryane. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, No. 1. Hlm. 207-2012.

Pramujiono, A. 2010. Menulis PTK itu Gampang: dari Teori sampai Praktik. Surabaya: Adi Buana University Press.

Supriyanto, A. 2015. Harapan, Kenyataan dan Strategi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2015/04/13_A-Supriyanto-AP.pdf), diakses 2 Juli 2023.

Suwanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah, dan Best Practice. Bojonegoro: Penerbit Pustaka Intermedia.

Suyanto dan Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.

Tatang, M. Amirin. 2006. Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November 2006.

Utami, Grati Sri. 2016. Pedoman Pelaksanaan Lomba Best Practise Nasional Kepala Sekolah Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Wahyuningtyas, Neni dan Ratnawati, Nurul. 2018. Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal bagi Guru-Guru IPS Kabupaten Malang. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial. Vol. 1, No.1. Hlm. 39-45.

Wibowo, C. H. 2015. Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##