PEMANTAPAN MATERI DISRIBUSI KHUSUS PELUANG PEUBAH ACAK DISKRIT PADA GURU MATEMATIKA SMA DI KOTA SURABAYA

 Abstract views: 134

Authors

  • Fenny Fitriani Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wara Pramesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7858

Keywords:

Guru, Minitab, Peluang, Peubah acak, software

Abstract

Penguasan materi merupakan kewajiban bagi guru sebelum memberikan pembelajaran di kelas. Penguasaan materi ini menjadi dasar bagi guru untuk dapat merancang materi yang akan disampaikan, merancang media pembelajaran yang akan digunakan, dan merancang evaluasi yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Penguasaan materi ini tentu berlaku juga untuk guru-guru matematika di SMA yang ada di Kota Surabaya. Salah satu materi yang perlu dikuasai oleh guru-guru tersebut adalah materi distribusi khusus peluang peubah acak diskrit khususnya pada materi distribusi binomial. Akan tetapi, ternyata masih banyak guru yang kurang paham terhadap materi tersebut. Sehingga perlu adanya penguatan materi tersebut. Selain perlu adanya penguatan materi, diperlukan juga adanya tambahan pengetahuan mengenai penggunaan software untuk dapat mendukung pembuktian perhitungan yang telah dilakukan. Sehingga dengan permasalahan tersebut, tim dosen prodi Statistika UNIPA Surabaya memeberikan penguatan materi distribusi khusus peluang peubah acak diskrit kepada guru-guru matematika di Kota Surabaya dengan berbantukan software Minitab. Software Minitab ini dipilih karena kemudahan dalam penggunaannya. Hasil dari kegiatan penguatan materi yang diberikan adalah guru-guru merasa sangat terbantu untuk lebih mudah memahami materi dan sangat terbantu dengan adanya pengenalan penggunaan software Minitab dalam perhitungan distribusi peluang peubah acak. Hal ini dapat menjadi patokan untuk guru untuk dapat mengcroscek dengan cepat kesalahan perhitungan yang dilakukan. Selain itu, software Minitab ini bisa menjadi alternatif bagi guru untuk menjadi media pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, B., & Nisa, E. K. (2019). PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENUNJANG PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MTS DI KOTA SEMARANG. At-Taqaddum, 11(1), 95–111. https://doi.org/10.21580/AT.V11I1.3802

Handayani, N. F., Program, M., Pendidikan, S., Sekolah, G., Bimbingan, D. ;, Universitas, K., & Yani Banjarmasin, A. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 40–48. https://doi.org/10.18592/PTK.V6I2.4045

Jamaludin, J., Ginanjar, G., Halimah, E. T., & Sudrajat, D. (2021). PENGGUNAAN SOFTWARE SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI LITERATUR. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.58258/JIME.V7I1.1659

Mahayukti, G. A., Sukajaya, N., Gst, I., & Sudiarta, P. (2022). PENYEGARAN MATERI AJAR PECAHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GEOGEBRA BAGI GURU SD DI DESA GUBUG TABANAN. WIDYA LAKSANA, 11(1), 118–127. https://doi.org/10.23887/JWL.V11I1.38940

Mahayukti, G. A., Waluyo, D., Sadra, W., Pelatihan, ), Materi, P., Matematika, A., Guru, B., Kelas, S., Di, R., & Tabanan, K. (2017). PELATIHAN PENYEGARAN MATERI AJAR MATEMATIKA BAGI GURU SD KELAS RENDAH DI KECAMATAN TABANAN. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.23887/IJCSL.V1I1.11893

Nindiasari, H., Studi Magister Pendidikan Matematika, P., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2021). Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190

Nugraha, Y., Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN PENGUATAN MATERI MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDIYAH SE-KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 52–59. https://doi.org/10.31764/JMM.V1I1.13

Rosita, I., Nur, D., Firmansyah, D., Yulian, V. N., & Karawang, S. (2021). Workshop Penyegaran Materi Ajar Matematika Sekolah Dasar dengan Penggunaan Software Algebrator pada Smartphone. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 243–250. https://doi.org/10.30734/J-ABDIPAMAS.V5I2.2194

Rustina, R., Muzdalipah, I., & Hidayat, E. (2023). Pelatihan Software Matematika Bagi Guru-Guru se – Kabupaten Tasikmalaya. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.37905/DIKMAS.3.1.1-8.2023

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##