PEMBERDAYAAN GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS AUD MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART

DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7878
Keywords:
Kreatifitas, Media Loose Part , Anak Usia Dini, karya ilmiah, publikasi, guruAbstract
Tujuan dari pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yaitu: (a) Membuat kelompok kerja guru PAUD, (b) menambah kreatifitas Guru PAUD dalam membuat media Loose Partuntuk anak usia dini, (c) melatih pembuatan media Loose Partuntuk anak usia dini, (d) pendampingan guru untuk menggunakan media Loose Part untuk anak usia dini di dalam pembelajaran. Metode dalam pelaksanaannya kegiatan yaitu mengambil pada model penelitian tindakan memiliki 4 tahapan, yakni: merencanakan program, melaksanakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil pengabdian adalah (a) terbentuknya 3 kelompok kerja guru PAUD yang memiliki anggota 6 orang; (b) adanya peningkatan kreatifitas kelompok guru mengenai membuat media Loose Partuntuk anak usia dini dari kategori “kurang” kemudian “baik”; (c) ada 7 jenis media Loose Partuntuk anak usia dini, meliputi materi: kaca dan kramik, bekas kemasan , bahan dasar alam, plastik, logam, benang dan kain, serta kayu dan bambu dengan nilai ‘baik’. (d) kegunaan media Loose Part untuk anak usia dini di dalam kelas berkualitas “baik”. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatan kreatifitas Guru PAUD di TK Islam Pluz Az Zahra Pakal Surabaya khususnya dengan membuat media Loose Partuntuk anak usia dini.
Downloads
References
Alifudin, B. N., & Suhanadji. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Loose Part Dari Barang Bekas dan Bahan Alam Sebagai Unjuk Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini Di KB Tunas Cendekia Cerme Kidul, Cerme, Gresik. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(3).
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.
Fono, Y. M., & Ita, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Ifrochah, I., & Mustadji, M. (2021). Loose Part Learning Media on Natural Materials on Children’s Cognitive Development. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38031
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1).
Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101
Rachmah, L. L., Prawinda, R. A., & Farantika, D. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(3).
Veryawan, V., & Tursina, A. (2022). Media Loose Parts : Workshop Pembelajaran Saintifik Bermuatan Steam. Journal Of Sriwijaya Community Service On Education (JSCSE), 1(1). https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.365