PENGUATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENULISAN ARTIKEL TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMPN 1 TAMAN SIDOARJO, JAWA TIMUR

DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7887
Keywords:
karya ilmiah, publikasi, guruAbstract
Sangat penting bagi para pendidik untuk menulis karya ilmiah, terutama jika berkaitan dengan kenaikan pangkat. Secara umum, guru menghadapi masalah. Saat menulis karya ilmiah, guru menghadapi banyak masalah, seperti pemilihan kata, sintaksis, orisinalitas, parafrase, dan referensi. Mereka dapat menghindari masalah ini dengan menggunakan Grammarly untuk pemilihan kata dan orisinalitas, Quillbot untuk paragraf, dan Mandeley untuk mencatat referensi dengan hati-hati. Oleh karena itu, diperlukan dukungan teknis untuk memanfaatkan ketiga aplikasi tersebut. Bantuan ini diberikan kepada guru SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo oleh dua dosen dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pelatihan dan pendampingan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan instruktur dalam menulis publikasi ilmiah. Ini juga membantu meningkatkan pemahaman instruktur tentang dunia publikasi ilmiah dan menghasilkan artikel yang berkualitas tinggi yang dapat dimuat di jurnal terkemuka nasional seperti Sinta.
Downloads
References
Alinda, S., Asnas, M., Mustofa, M., & Ubaidillah, M. F. (2022). Investigating Academic Writing in EFL Contexts : Students ’ Voices on Complexities and Coping Strategies. Vision, 11(2), 139–162. https://doi.org/10.21580/vjv12i116326
Buriak, J. M., Akinwande, D., Artzi, N., Brinker, C. J., Burrows, C., Chan, W. C. W., Chen, C., Chen, X., Chhowalla, M., Chi, L., Chueh, W., Crudden, C. M., Di Carlo, D., Glotzer, S. C., Hersam, M. C., Ho, D., Hu, T. Y., Huang, J., Javey, A., … Ye, J. (2023). Best Practices for Using AI When Writing Scientific Manuscripts. ACS Nano, i, 4091–4093. https://doi.org/10.1021/acsnano.3c01544
Chen, X., Zou, D., Xie, H., Cheng, G., & Liu, C. (2022). Two Decades of Artificial Intelligence in Education: Contributors, Collaborations, Research Topics, Challenges, and Future Directions. Educational Technology and Society, 25(1), 28–47.
Irawan, N., Rahayu, E. Y., Roziqin, C., & Fanani, R. A. (2023). Pendampingan Penerapan Teknologi Dalam Penulisan Karya Ilmiah Guru Smpn 1 Taman Sidoarjo, Jawa Timur: Grammarly, Quillbot, Mendeley. Pancasona, 2(1), 121–132. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6883
Khabib, S. (2022). Introducing artificial intelligence (AI)-based digital writing assistants for teachers in writing scientific articles. Teaching English as a Foreign Language Journal, 1(2), 114–124. http://103.19.180.200/index.php/tefl/article/view/249
Kim, N. J., & Kim, M. K. (2022). Teacher’s Perceptions of Using an Artificial Intelligence-Based Educational Tool for Scientific Writing. Frontiers in Education, 7(March), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.755914
Peterson-Karlan, G., & Parette, P. (2010). Technology-Supported Writing Instruction. In Teaching Excellence in Adult Literacy (Issue 7).
Rahayu, E. M., Rahayu, E. Y., & Irawan, N. (2023). TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( TPACK ) IN THE INSTRUCTION DESIGN OF THE PARTICIPANTS IN TEACHER PROFESSION EDUCATION : A NARRATIVE INQUIRY CASE STUDY. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 312–327. https://doi.org/http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p312--327
Ritonga, W., Syafaruddin, Tolentino, Hasibuan, K., Hasibuan, M., & Hasibuan, S. B. (2018). Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian. Pengabdian, 2(1), 1–11.
Sanggala Dewi, O. T., Nurjati, N., Rahayu, E. Y., Khabib, S., & Fadhilah, A. (2023). Training in Writing Scientific Article on Classroom Action Research for State Junior High Efl Teachers in Surabaya. Pancasona, 2(1), 199–206. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6952
Williams, C., & Beam, S. (2019). Technology and writing: Review of research. Computers and Education, 128, 227–242. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.024
Williams, P. J., Nguyen, N., & Mangan, J. (2017). Using technology to support science inquiry learning. Journal of Technology and Science Education, 7(1), 26–57. https://doi.org/10.3926/jotse.234