PENDAMPINGAN PENDALAMAN MATERI DISTRIBUSI BINOMIAL BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA KOTA SURABAYA

DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7888
Keywords:
pengabdian kepada masyarakat, distribusi binomial, matematika SMAAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) pendampingan pendalaman materi distribusi binomial ini dilaksanakan oleh tim Program Studi Pendidikan Matematika dengan sasaran guru matematika yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA Kota Surabaya sejumlah 55 guru. Pelaksanaan kegiatan PPM ini meliputi empat tahapan yaitu: tahap observasi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap observasi awal, tim dosen melakukan diskusi dan wawancara dengan ketua dan perwakilan guru MGMP Matematika SMA Kota Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2023. Hasil dari wawancara tersebut diperoleh permasalahan yaitu para guru masih kesulitan dalam mengajarkan materi distribusi binomial kepada siswa. Selanjutnya tahap perencanaan meliputi perumusan tema, penyusunan materi dan modul, serta koordinasi dengan MGMP matematika SMA Kota Surabaya terkait teknis pelaksanaan kegiatan. Pada tahap ketiga yaitu pelaksanaan, tim PPM melaksanakan kegiatan pendampingan pendalaman materi distribusi binomial selama tiga kali yaitu pada tanggal 10, 17, dan 24 Juni 2023 yang bertempat di SMA Negeri 22 Surabaya. Tahap terakhir yaitu evaluasi keberhasilan kegiatan PPM melalui pemberian angket kepada para guru yang mengikuti kegiatan PPM. Berdasarkan hasil angket, secara keseluruhan kegiatan PPM memberikan manfaat bagi pengembangan profesionalitas guru matematika dimana kegiatan PPM ini telah berhasil memberikan solusi terkait permasalahan mitra sasaran.
Downloads
References
Fitriatien, S. R., & Mutianingsih, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Operasional Riset melalui Self Regulated Learning Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Rata-rata Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 95–106.
Guo, Y., Connor, C. M. D., Yang, Y., Roehrig, A. D., & Morrison, F. J. (2012). The effects of teacher qualification, teacher self-efficacy, and classroom practices on fifth graders’ literacy outcomes. Elementary School Journal, 113(1), 3–24. https://doi.org/10.1086/665816
Ilhami, R., & Syahrani. (2021). Pendalaman Materi Standar Isi Dan Standar Proses Kurikulum Pendidikan Indonesia. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 1(1), 93–99.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Prayitno, L. L., Mutianingsih, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694
Sukmawati, R., Matematika, P., & Tangerang, U. M. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102.
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Trianto, M. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progesif. Kencana.
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
Yusrizal, Safiah, I., & Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(April), 126–134.