PELATIHAN PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL 14 SURABAYA
Abstract views: 224DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7890Keywords:
Pembelajaran, STEAM, IKMAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini yaitu dengan diimplementasikannya pembelajaran pada anak usia dini yang Merdeka Bermain Merdeka Belajar. Proses pembelajaran yang berbasis STEAM (Science Technology Enginering Arts Mathematic) yang menjadi salah satu elemen capaian pembelajaran di PAUD membutuhkan suatu pemahaman konsep yang benar dalam pelaksanaannya. Guru-guru PAUD mayoritas mengalami kesulitan dalam merancang pembelajarannya yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Bermain Merdeka Belajar. Pembelajaran yang memberikan kebebasan anak dalam menentukan cara bermain dan materi main yang sedang diminatinya. Guru dalam membuat rancangan pembelajaran yang mampu mengakomodir semuanya membutuhkan keterampilan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Pemahaman konsep yang benar dan keterampilan dalam memilih strategis dalam merancang pembelajaran STEAM sesuai dengan Kurikulum Merdeka menjadi kendala guru-guru TK Aisiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya oleh karena itu perlu dilatihkan. Kepala Sekolah TK Aisiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya menyampaikan permasalahan tersebut kepada Kaprodi PGPAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Sehingga melalui rapat Prodi PGPAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya membanatu memberikan solusi dengan mengadakan Pelatihan Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Implemetasi Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Akbar, Eliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Aksara. Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum
Tarbiyah, 7(2), 195-208.
Anies, L. (2021). Kreativitas dan Keberbakatan. PT Erlangga.
Djoko, W. A., & Anies, L. (2017). Pendidikan Bela Negara melalui Kecerdasan Jamak (S. Eko (ed.); 1st ed.). Prenadamedia Grup.
Eric, J. (2007). Brain Based Learning The New Science of Teaching and Learning (revised ed). Sage.
Karina, Vega. (2017). Smart Practice Book: Matematika untuk PAUD dan TK. Jakarta: Cikal
Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung
Samudera.
Lelya, Hilda et.all. (2022). Menjadi Guru Hebat: Cakap Literasi, Cakap Numerasi dan
Berkarakter. Bandung: Haura Sukabumi.
Safitri, Utari., Aisyah., Affrida, Ervin Nurul. 2022. Pengaruh Media Kintar terhadap Kemampuan
Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Remaja Surabaya. Jurnal Incrementapedia. Vol 4 No.2 https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6635
Hasanah, A., Hakmayani, A. S., & Nurjanah, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam
Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Hamzanwadi, 5(No. 2 (2021)).
https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3561
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (H. Wibi (ed.); 12th ed.). Erlangga.
Wulandari, N. T., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Analisis Unsur Art pada
Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru, 1(No. 3 (2020)).