PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN PENILAIAN AKHIR BAGI GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SURABAYA

 Abstract views: 160

Authors

  • Annisa Dwi Sulistyaningtyas
  • Restu Ria Wantika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erlin Ladyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Prayogo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7895

Keywords:

Asesmen, Guru Matematika SMA, PPM

Abstract

Kualitas sistem pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ditentukan oleh beberapa aspek, antara lain aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar siswa. Capaian hasil belajar siswa dapat diukur dari proses pengumpulan dan pengolahan data dari suatu penilaian akhir, sehingga dibutuhkan suatu instrumen yang tepat guna mendukung penilaian akhir tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan pelatihan penyusunan instrumen asesmen penilaian akhir bagi guru SMA se-Kota Surabaya. Pelatihan tersebut mampu membantu para guru dalam menyusun instrumen penilaian akhir siswa. Respon peserta terhadap penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini sangat baik, terlihat dari para guru mampu mengimplementasikan materi yang didapat dalam penyusunan instrumen di masing-masing mata pelajaran yang diampu. Hal tersebut tentunya sangat mendukung proses penilaian pembelajaran, sehingga indikator pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Matematika, P., Sains, F., Pgri, U., Buana, A., Matematika, P., Sains, F., Pgri, U., Buana, A., Matematika, P., Sains, F., Pgri, U., Buana, A., Matematika, P., Sains, F., Pgri, U., Buana, A., Matematika, P., Sains, F., Pgri, U., & Buana, A. (2021). Jurnal PADI – Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH HASIL PENELITIAN DAN PARAFRASE GUNA PENGEMBANGAN KARIR GURU SMKN 1 JETIS MOJOKERTO Annisa Dwi Sulistyaningtyas Sunyoto Hadi Prayitno Erlin Ladyawati Hanim Faizah Ninik. 4(November), 1–8.

Novita, N., Muliani, M., & Mellyzar, M. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal Matematika Dan Sains Berbasis Numerasi Pada Guru Untuk Menunjang Asesmen Nasional. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 486. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7761

Nugraheni, L., Fathonah, N., Astutik, E. P., Sulistyaningtyas, A. D., & Susilowati, E. (2021). Workshop Penulisan Sitasi Dan Referensi Artikel Ilmiah Bagi Guru Sman 1 Dawarblandong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 177. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.8618

Rafianti, I., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Yang Mendukung Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru Matematika SMP. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 1077–1085. https://doi.org/10.30653/002.202274.196

Sartina, Nursiang, & Faisal. (2020). Analisis Kebijakan Ujian Nasional Terhadap Evaluasi Akhir Pendidikan. Jurnal Mappesona, 3(2), 1–18. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/download/831/563

Suryani, Y. E. (2017). Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 142–152. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/10725

Wahyuni, S., & Dinisa Putri, N. (2020). Karakteristik Instrumen Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Di Smkn 1 Braja Selebah. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1, 126. https://doi.org/10.32332/linear.v1i2.2958

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##