WORKSHOP PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK GURU SMA SE-SURABAYA

 Abstract views: 106

Authors

  • Silviana Maya Purwasih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Moh. Syukron Maftuh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lydia Lia Prayitno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hanim Faizah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susilo Hadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7896

Keywords:

penyusunan bahan ajar, bahan ajar matematika, Matematika SMA

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran, untuk itu pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum yang ada, artinya bahan ajar yang akan dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui kurang adanya pelatihan dan informasi kepada guru mengenai cara penyusunan bahan ajar yang tepat, khususnya kepada kelompok guru MGMP Matematika SMA se-Surabaya . Untuk itu, tim pelaksana PPM Prodi Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Workshop Penyusunan Bahan Ajar. Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan kurang lebih satu bulan mulai tanggal 2 Mei-2 Juni 2023 yang dilaksanakan di SMA Negeri 22 Surabaya. Kegiatan ini diawali dengan memberikan materi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun bahan ajar matematika pada tanggal hari Sabtu tanggal 6 Mei 2023. Selanjutnya, pada tanggal 13 Mei 2023 dilaksanakan lokakarya penyusunan bahan ajar sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru di sekolah. Mengingat cakupan materi yang cukup banyak, kegiatan ini tidak dapat diselesaikan dalam satu kali pertemuan pelatihan, oleh karenanya dilakukan pendampingan oleh tim secara daring. Proses pendampingan dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei – 2 Juni 2023. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Prodi Pendidikan Matematika berjalan lancar dan sukses. Peserta merasa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kemampuan guru dalam penyusunan bahan ajar yang baik dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Saputra, H. J., & Faizah, N. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62–74. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3956

Sriyanto, S., Banowati, E., & Kurniawan, E. (2021). Pelatihan penyusunan bahan ajar digital bagi guru-guru IPS SMP di Kabupaten Batang. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(2), 69. https://doi.org/10.32585/educate.v1i2.1968

Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489

Sungkono. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(4), 5–1.

Thamrin, M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Vokasi. LITERA, 13(1), 90–102. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1905

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

##section.default.title##