WORKSHOP PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK GURU SMA SE-SURABAYA

DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7896
Keywords:
penyusunan bahan ajar, bahan ajar matematika, Matematika SMAAbstract
Bahan ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran, untuk itu pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum yang ada, artinya bahan ajar yang akan dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui kurang adanya pelatihan dan informasi kepada guru mengenai cara penyusunan bahan ajar yang tepat, khususnya kepada kelompok guru MGMP Matematika SMA se-Surabaya . Untuk itu, tim pelaksana PPM Prodi Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Workshop Penyusunan Bahan Ajar. Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan kurang lebih satu bulan mulai tanggal 2 Mei-2 Juni 2023 yang dilaksanakan di SMA Negeri 22 Surabaya. Kegiatan ini diawali dengan memberikan materi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun bahan ajar matematika pada tanggal hari Sabtu tanggal 6 Mei 2023. Selanjutnya, pada tanggal 13 Mei 2023 dilaksanakan lokakarya penyusunan bahan ajar sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru di sekolah. Mengingat cakupan materi yang cukup banyak, kegiatan ini tidak dapat diselesaikan dalam satu kali pertemuan pelatihan, oleh karenanya dilakukan pendampingan oleh tim secara daring. Proses pendampingan dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei – 2 Juni 2023. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Prodi Pendidikan Matematika berjalan lancar dan sukses. Peserta merasa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kemampuan guru dalam penyusunan bahan ajar yang baik dan inovatif.
Downloads
References
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Saputra, H. J., & Faizah, N. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62–74. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3956
Sriyanto, S., Banowati, E., & Kurniawan, E. (2021). Pelatihan penyusunan bahan ajar digital bagi guru-guru IPS SMP di Kabupaten Batang. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(2), 69. https://doi.org/10.32585/educate.v1i2.1968
Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489
Sungkono. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(4), 5–1.
Thamrin, M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Vokasi. LITERA, 13(1), 90–102. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1905