PELATIHAN PENULISAN BEST PRACTICE PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMPN DAN MTSN DI KECAMATAN PANGGUL, KABUPATEN TRENGGALEK
Abstract views: 123DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7926Keywords:
PTK, best practice, guru-guru SMPN dan MTsNAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penulisan best practice hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru-guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek. Best practice merupakan praktik terbaik didasarkan pada teknik berulang yang telah terbukti menjadi cara paling efektif dan efisien untuk memecahkan masalah. Best practice adalah “praktik terbaik” dari keberhasilan seorang guru atau sekelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolah. Best practice tersebut ditindaklanjuti dalam penulisan karya ilmiah. Berdasakan observasi awal pada penulisan best practice guru-guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek diperoleh informasi bahwa guru belum memahami penulisan best practice hasil PTK. Dengan demikian, tujuan n program pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru menulis best practice. Program dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan memberi sosialisasi dan pendampingan. Program diikuti 13 dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya bekerja sama dengan Universitas Hasyim Asyari dan sebagai narasumber dan pendamping serta 27 guru SMPN dan MTsN sebagai sasaran program. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pelatihan, yaitu peningkatan kemampuan menulis best practice pada guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek. Selain itu, hasil penilaian diri tentang peningkatan pemahaman para guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek setelah pelatihan tentang menulis best practice.
Downloads
References
Apandi, Idris. 2018. Teknik Menulis "Best Practice" bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5ac5c1eacbe5230e1d5c0132/teknikmenulis-bestpractice-bagi-pendidik-dantenaga-kependidikan?page=all
Indayani, dkk. 2022. Penulisan Artikel Hasil Best practice Guru-Guru Smpn Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pancasona Vol. 1. Nomor 1. Hlm. 17-22. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ pancasona/article/view/6152
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 18 Tahun 2007 tentang sertifikasi guru dalam jabatan.
Pramujiono, Agung, dkk. 2022. Perlatihan Menulis Best practice Guru SMPN 2 Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kanigara Vol. II. Nomor 1. Hlm. 35-41.https://jurnal.unipasby.ac.id/ index.php/kanigara/article/view/4624
Santoso, B, dkk. 2020. Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments Jurnal Panjar “Pengabdian Bidang Pembelajaran”. Vol. 2. Nomor 2. Hlm. 52-60. https://www.mendeley.com/catalogue/6e7174c2-fc0c-38ac-9b7d-99b73ad23ac0/
Shoim, M., dkk. 2022. Pemilihan Masalah Dan Judul Karya Tulis Best practice Untuk Guru-Guru Smpn Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pancasona Vol. 1. Nomor 1. Hlm. 1-8. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/6140
Utami, Grati Sri. 2016. Pedoman Pelaksanaan Lomba Best Practise Nasional Kepala Sekolah Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.
Warsono, Prasetya, S. P., Segara, N. B., Wisnu, Jacky, M., & Khotimah, K. (2020). Pelatihan Online
Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis “ Best practice of Learning ” Selama Pandemi Covid 19 Bagi Guru IPS. Social Science Educational Research, 1(1), 32–38.
Yansyah, Y., Nadia, H., & Murtiningsih, T. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Best practice bagi Musyarawah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.136