PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL BIDANG TATA BUSANA DALAM KESIAPAN LULUSAN DI MA NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO

DOI:
https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7943
Keywords:
kerja, kain, melukisAbstract
Mempersiapkan siswa-siswi sebelum lulus sekolah menengah atas sangatlah dibutuhkan karena dengan mempersiapkan anak didik sebelum lulus sekolah sangat di butuhkan selain sebagai bekal untuk siswa juga menjadi ajang promosi suatu sekolah tersebut. Salah satu yang dilakukan oleh jurusan PVKK Fakulta Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam program Tridarma sebagai kewajiban dari dosen melakukan pengabdian pada masyarakat di MA Nurul Huda Sidorarjo dengan Judul Pelatihan Soft Skill Bidang Tata Busana dalam kesiapan Lulusan di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Diharapkan dapat membatu siswa mempermudah mencari kerja dengan melakukan pelatihan melukis pada kain untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam bekerja. Tujuan dari pelatihan ini adalah menghasilkan lulusan yang siap bekerja setelah lulus dalam bidang busana dengan membekali pelatihan melukis pada kain, hasil yang diharapkan siswa - siswi antusias dan termotivasi mengikuti pelatihan dengan baik sehingga permasalahan kesiapan bekerja dengan ketrampilan yang ada tercapai. Hasil dari pelatihan pengabdian pada masyarakat menghasikan hasil yang sangat baik dapat dilihat dari hasil lukisan pada kain yang dihasikan.
Downloads
References
Al-Hamdi, R. (2017). KETIKA SEKOLAH MENJADI PENJARA: MEMBONGKAR DILEMA PENDIDIKAN MASYARAKAT MODERN. The Journal of Society & Media, 1(1), 11. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p11-34
Cahyaningrum, D., & Martono, S. (2019). Pengaruh praktik kerja industri, bimbingan karir, penguasaan soft skill, dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1193–1206. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28349
Kaushik, V., & Walsh, C. A. (2019). Pragmatism as a Research Paradigm and Its Implications for Social Work Research. Social Sciences, 8(9), 255. https://doi.org/10.3390/socsci8090255
McCullough, B. P., & Pelcher, J. A. (2021). Instructor–Student Mentoring: Strengths of Transformative Sustainability Learning and Its Direct Application to Impact Industry and Curricular Refinement. Sustainability, 13(19), 10768. https://doi.org/10.3390/su131910768
Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: Pentingnya soft skill untuk kesuksesan kerja bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 298. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.298-305
Sharabi, H. (2019). The Next Arab decade: Alternative futures. Routledge.
Sun, J., & Kim, H. (2022). Digital Display Design of Historical Relics—Using Artistic Projection of Historical Relics as an Example. TECHART: Journal of Arts and Imaging Science, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.15323/techart.2022.2.9.1.35