PENINGKATAN KOMPETENSI GURU-GURU DI SMKN 1 SEPULU BANGKALAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

 Abstract views: 32

Authors

  • Mimas Ardhianti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nur Rohmah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Shoim Anwar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sri Budi Astuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/pancasona.v3i2.8654

Keywords:

peningkatan, kompetensi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru, dapat secara individu maupun kelompok, yang dilaksanakan di dalam kelas ataupun di luar kelas dengan tujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran. Tujuan utama dari adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan atau memperbaiki praktik-praktik pembelajaran yang sebelumnya telah dilakukan di kelas. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini cocok digunakan oleh Guru karena setiap harinya guru bertemu dan menjumpai berbagai permasalahan pembelajaran yang di hadapi oleh peserta didik. Namun, berdasarkan observasi awal, banyak guru yang masih belum memahami menyusun PTK. Hal tersebut diperkuat dengan adanya pretes. Oleh sebab itu, tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Program dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Pogram pengabdian kepada masyarakat diikuti oleh 12 dosen program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Narasumber bekerja sama dengan Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy). Pelatihan tersebut juga dibantu oleh 6 mahasiswa. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pelatihan, yaitu peningkatan kompetensi melalui penulisan PTK. Hal tersebut, didapatkan dari hasil pretes dan postes. Selain itu, hasil penilaian diri tentang peningkatan kompetensi guru melalui penulisan penelitian tindakan kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitri, Imam dan Rachmadi. 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21dalam Jurnal Pendidikan Pancasila (DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-)

Kemendikbud. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru (Issue Mei). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Pramujiono, A. 2010. Menulis PTK itu Gampang: dari Teori sampai Praktik. Surabaya: Adi Buana University Press.

Rahayu, D. S. (2016). Respons mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(2), 14–24.

Susilo, Herawati. Chotimah, Husnul dan Sari, Yuyun Dwita. 2011. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Downloads

Published

2024-08-01

Issue

Section

##section.default.title##