Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona <p>Pancasona merupakan jurnal ilmiah nasional yang terbuka untuk menemukan inovasi, kreativitas, dan kebaruan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pancasona adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora-Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi publikasi hasil ilmiah pengabdian kepada masyarakat di Indonesia, serta turut serta meningkatkan kualitas dan kuantitas akademisi dan pengabdian kepada masyarakat. Pancasona terbit setiap bulan <strong>Januari</strong> dan <strong>Juli</strong> dengan memublikasikan hasil pengabdian masyarakat.</p> <p> </p> en-US samsulkhabib@unipasby.ac.id (Samsul Khabib) eko.cahyo@unipasby.ac.id (Eko Cahyo Prawoto) Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PEMANTAPAN MATERI DISRIBUSI KHUSUS PELUANG PEUBAH ACAK DISKRIT PADA GURU MATEMATIKA SMA DI KOTA SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7858 <div><em><span lang="EN-US">Penguasan materi merupakan kewajiban bagi guru sebelum memberikan pembelajaran di kelas. Penguasaan materi ini menjadi dasar bagi guru untuk dapat merancang materi yang akan disampaikan, merancang media pembelajaran yang akan digunakan, dan merancang evaluasi yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Penguasaan materi ini tentu berlaku juga untuk guru-guru matematika di SMA yang ada di Kota Surabaya. Salah satu materi yang perlu dikuasai oleh guru-guru tersebut adalah materi distribusi khusus peluang peubah acak diskrit khususnya pada materi distribusi binomial. Akan tetapi, ternyata masih banyak guru yang kurang paham terhadap materi tersebut. Sehingga perlu adanya penguatan materi tersebut. Selain perlu adanya penguatan materi, diperlukan juga adanya tambahan pengetahuan mengenai penggunaan software untuk dapat mendukung pembuktian perhitungan yang telah dilakukan. Sehingga dengan permasalahan tersebut, tim dosen prodi Statistika UNIPA Surabaya memeberikan penguatan materi distribusi khusus peluang peubah acak diskrit kepada guru-guru matematika di Kota Surabaya dengan berbantukan software Minitab. Software Minitab ini dipilih karena kemudahan dalam penggunaannya. Hasil dari kegiatan penguatan materi yang diberikan adalah guru-guru merasa sangat terbantu untuk lebih mudah memahami materi dan sangat terbantu dengan adanya pengenalan penggunaan software Minitab dalam perhitungan distribusi peluang peubah acak. Hal ini dapat menjadi patokan untuk guru untuk dapat mengcroscek dengan cepat kesalahan perhitungan yang dilakukan. Selain itu, software Minitab ini bisa menjadi alternatif bagi guru untuk menjadi media pembelajaran di kelas.</span></em></div> Fenny Fitriani, Wara Pramesti Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7858 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN PENILAIAN AKHIR BAGI GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7895 <p><em>Kualitas sistem pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ditentukan oleh beberapa aspek, antara lain aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar siswa. Capaian hasil belajar siswa dapat diukur dari proses pengumpulan dan pengolahan data dari suatu penilaian akhir, sehingga dibutuhkan suatu instrumen yang tepat guna mendukung penilaian akhir tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan pelatihan penyusunan instrumen asesmen penilaian akhir bagi guru SMA se-Kota Surabaya. Pelatihan tersebut mampu membantu para guru dalam menyusun instrumen penilaian akhir siswa. Respon peserta terhadap penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini sangat baik, terlihat dari para guru mampu mengimplementasikan materi yang didapat dalam penyusunan instrumen di masing-masing mata pelajaran yang diampu. Hal tersebut tentunya sangat mendukung proses penilaian pembelajaran, sehingga indikator pembelajaran dapat tercapai dengan baik.</em></p> Annisa Dwi Sulistyaningtyas, Restu Ria Wantika, Erlin Ladyawati, Prayogo Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7895 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 TEHNICAL GUIDANCE FOR DEVELOPING PROJECT-BASED READING-VIEWING TEACHING MODULES FOR CLASS X OF EFL TEACHERS https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7893 <p><em>This technical guidance aims at providing a training in preparing project-based reading teaching modules for tenth grade English teachers. This training is to design a module that integrates the Kurikulum Merdeka with a project-based approach. This aim is to ensure that the teaching modules prepared relevant to the learning materials set by the government, while still offering interesting and meaningful content for students. The participants are the EFL teachers of senior high school in Sidoarjo. The method applied involves systematic stages, including literature study, needs analysis, goal formulation, material preparation, and validation by education experts and English language experts. This technical guidance also emphasizes the importance of a project-based approach in reading learning, explore potential projects that are relevant to students' real lives, and offer effective strategies and techniques in designing and implementing project-based teaching modules. Also, it discusses aspects of evaluation in project-based Reading-Viewing learning, including assessment of student performance and evaluation of teaching modules. It is hoped that the results of this training can make a positive contribution to improving the quality of Reading-Viewing learning in class X. Teachers are expected to improve their skills in designing and managing learning that is interesting, interactive, and relevant to students' needs and interests. In addition, it is hoped that there will also be an increase in students' interest and motivation in developing their English reading skills.</em></p> Nunung Nurjati, Samsul Khabib, Joesasono Oediarti S, Oktavia Tri Sanggaladewi, Wahju Bandjarjani, Fuad Maftukhan, Sesilia Yuliani Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7893 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK PARA GURU MTSN 5 TRENGGALEK https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7892 <p>Pembelajaran adalah aktivitas yang kompleks. Adanya masalah di dalamnya ditandai dengan perolehan nilai yang rendah untuk sebagian besar siswa. Guru harus mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di samping untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran, hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dipublikasikan dapat dipakai guru untuk peningkatan karier akademis. Terkait hal di atas, pada semester genap 2022-2023, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, berkolaborasi dengan Universitas Hasyim Asy’ari Jombang dan Universitas Nusantara PGRI Kediri, melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan subtema “Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Para Guru MTsN 5 Trenggalek”. Program tersebut dinilai positif oleh para guru. Program tersebut dapat meningkatkan hasil pembelajaran di sekolah. Para guru dapat menyelesaikan masalah pembelajaran yang dialami dengan Penelitian Tindakan Kelas. Para guru juga dapat menjadikan hasil penelitian tersebut untuk karya tulis ilmiah sebagai syarat peningkatan karier akademis. </p> Nur Rohmah, M. Shoim Anwar, Eko Hardianto Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7892 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL 14 SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7890 <p>Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini yaitu dengan diimplementasikannya pembelajaran pada anak usia dini yang Merdeka Bermain Merdeka Belajar. Proses pembelajaran yang berbasis STEAM (Science Technology Enginering Arts Mathematic) yang menjadi salah satu elemen capaian pembelajaran di PAUD membutuhkan suatu pemahaman konsep yang benar dalam pelaksanaannya. Guru-guru PAUD mayoritas mengalami kesulitan dalam merancang pembelajarannya yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Bermain Merdeka Belajar. Pembelajaran yang memberikan kebebasan anak dalam menentukan cara bermain dan materi main yang sedang diminatinya. Guru dalam membuat rancangan pembelajaran yang mampu mengakomodir semuanya membutuhkan keterampilan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Pemahaman konsep yang benar dan keterampilan dalam memilih strategis dalam merancang pembelajaran STEAM sesuai dengan Kurikulum Merdeka menjadi kendala guru-guru TK Aisiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya oleh karena itu perlu dilatihkan. Kepala Sekolah TK Aisiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya menyampaikan permasalahan tersebut kepada Kaprodi PGPAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Sehingga melalui rapat Prodi PGPAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya membanatu memberikan solusi dengan mengadakan Pelatihan Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Implemetasi Kurikulum Merdeka.</p> Anies Listyowati, Jahju Hartanti, Natasya Putri A, Uswatun Hasanah, Nur Aini Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7890 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PENDAMPINGAN PENDALAMAN MATERI DISTRIBUSI BINOMIAL BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA KOTA SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7888 <p><em>Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) pendampingan pendalaman materi distribusi binomial ini dilaksanakan oleh tim Program Studi Pendidikan Matematika dengan sasaran guru matematika yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA Kota Surabaya sejumlah 55 guru. Pelaksanaan kegiatan PPM ini meliputi empat tahapan yaitu: tahap observasi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap observasi awal, tim dosen melakukan diskusi dan wawancara dengan ketua dan perwakilan guru MGMP Matematika SMA Kota Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2023. Hasil dari wawancara tersebut diperoleh permasalahan yaitu para guru masih kesulitan dalam mengajarkan materi distribusi binomial kepada siswa. Selanjutnya tahap perencanaan meliputi perumusan tema, penyusunan materi dan modul, serta koordinasi dengan MGMP matematika SMA Kota Surabaya terkait teknis pelaksanaan kegiatan. Pada tahap ketiga yaitu pelaksanaan, tim PPM melaksanakan kegiatan pendampingan pendalaman materi distribusi binomial selama tiga kali yaitu pada tanggal 10, 17, dan 24 Juni 2023 yang bertempat di SMA Negeri 22 Surabaya. Tahap terakhir yaitu evaluasi keberhasilan kegiatan PPM melalui pemberian angket kepada para guru yang mengikuti kegiatan PPM. Berdasarkan hasil angket, </em><em>secara keseluruhan kegiatan PPM memberikan manfaat bagi pengembangan profesionalitas guru matematika dimana kegiatan PPM ini telah berhasil memberikan solusi terkait permasalahan mitra sasaran.</em></p> Erna Puji Astutik, Liknin Nugraheni, Ninik Mutianingsih, Sri Rahayu Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7888 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PENGUATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENULISAN ARTIKEL TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMPN 1 TAMAN SIDOARJO, JAWA TIMUR https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7887 <p><em>Sangat penting bagi para pendidik untuk menulis karya ilmiah, terutama jika berkaitan dengan kenaikan pangkat. Secara umum, guru menghadapi masalah. Saat menulis karya ilmiah, guru menghadapi banyak masalah, seperti pemilihan kata, sintaksis, orisinalitas, parafrase, dan referensi. Mereka dapat menghindari masalah ini dengan menggunakan Grammarly untuk pemilihan kata dan orisinalitas, Quillbot untuk paragraf, dan Mandeley untuk mencatat referensi dengan hati-hati. Oleh karena itu, diperlukan dukungan teknis untuk memanfaatkan ketiga aplikasi tersebut. Bantuan ini diberikan kepada guru SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo oleh dua dosen dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pelatihan dan pendampingan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan instruktur dalam menulis publikasi ilmiah. Ini juga membantu meningkatkan pemahaman instruktur tentang dunia publikasi ilmiah dan menghasilkan artikel yang berkualitas tinggi yang dapat dimuat di jurnal terkemuka nasional seperti Sinta.</em></p> Endah Yulia Rahayu, Nico Irawan, Nukmatus Syaria, Agung Pramujiono, Ujang Rohman, Atiqoh Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7887 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PEMBERDAYAAN GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS AUD MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7878 <p><em>Tujuan dari pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yaitu: (a) Membuat kelompok kerja guru PAUD, (b) menambah kreatifitas Guru PAUD dalam membuat media Loose Partuntuk anak usia dini, (c) melatih pembuatan media Loose Partuntuk anak usia dini, (d) pendampingan guru untuk menggunakan media Loose Part untuk anak usia dini di dalam pembelajaran. Metode dalam pelaksanaannya kegiatan yaitu mengambil pada model penelitian tindakan memiliki 4 tahapan, yakni: merencanakan program, melaksanakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil pengabdian adalah (a) terbentuknya 3 kelompok kerja guru PAUD yang memiliki anggota 6 orang; (b) adanya peningkatan kreatifitas kelompok guru mengenai membuat media Loose Partuntuk anak usia dini dari kategori “kurang” kemudian “baik”; (c) ada 7 jenis media Loose Partuntuk anak usia dini, meliputi materi: kaca dan kramik, bekas kemasan , bahan dasar alam, plastik, logam, benang dan kain, serta kayu dan bambu dengan nilai ‘baik’. (d) kegunaan media Loose Part untuk anak usia dini di dalam kelas berkualitas “baik”. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatan kreatifitas Guru PAUD di TK Islam Pluz Az Zahra Pakal Surabaya khususnya dengan membuat media Loose Partuntuk anak usia dini.</em></p> Norma Diana Fitri, Indaria Tri Hariyani, Sri Nurhidayah, Noviardani Kartika Prameswari, Sulistiyani Sulistiyani Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7878 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PENDAMPINGAN PROSES BATIK TULIS UNTUK IBU PKK DESA CANGKRING KECAMATAN KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7868 <p>Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Ini Mempunyai Tujuan Untuk Memberikan Solusi Terhadap Masalah Yang Dijumpai Di Desa Cangkring Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Tepatnya Pada Ibu PKK, Dimana Terdapat Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Yang Belum Mencukupi Sebagai Bekal Mereka Untuk Mengembangkan Usaha Dalam Wujud Penambahan Ingkam Pendapatan Keluarga. Salah Satunya Yaitu Pengetahuan Tentang Kerajinan Batik Tulis,</p> <p>Kegiatan Ibu PKK Selain Melakukan Aktifitas Rumah Tangga, Mereka Juga Bekerja Sebagai Petani, Karena Mayoritas Penduduk Bekerja Sebagai Petani. Kebanyakan Mereka Akan Mengalami Masa Dimana Mereka Tidak Bekerja Yaitu Disaat Masa Setelah Panen Selesai.</p> <p>Berdasarkan Permasalahan Di Atas Salah Satu Solusi Yang Perlu Dilakukan Adalah Memberdayakan Ibu Pkk Melalui Pelatihan-Pelatihan Seperti Membatik. Kegiatan PPM Prodi Pendidikan Seni Rupa, Memberikan Keterampilan Pembuatan Batik Tulis Yang Berupa Pembelajaran Dan Pendampingan Selama Proses Pembuatan Batik Tulis.</p> <p>Kegiatan PPM Di Desa Cangkring Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Yang Akan Dilakukan Pada Waktu Liburan Kerja Bertani, Hal Ini Dengan Alasan Agar Kegiatan Ini Tidak Mengganggu Aktivitas Mereka Dan Diharapkan&nbsp; Dapat Bermanfaat Sambal Mengisi Waktu Senggang,&nbsp; Sehingga Dapat Dijadikan Bekal Untuk Menciptakan Kewirausahaan Di Lingkungan Mereka. Selain Itu Menumbuhkan Jiwa Interpreunership Dan Mengasah Skill Dalam Membatik</p> Herman Sugianto, Hariadie, Suparman, Tantra Sakre, Sepbianti Rangga Patriani, Ika Ismurdiyahwati Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7868 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PENGUATAN KETERAMPILAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PUDING LUKIS UNTUK KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7864 <p><em>Puding lukis</em><em>&nbsp;</em><em>ada</em><em>l</em><em>ah</em><em>&nbsp;</em><em>se</em><em>n</em><em>i</em><em>&nbsp;melukis bagian dari kerajinan tata boga dengan </em><em>m</em><em>en</em><em>g</em><em>o</em><em>l</em><em>ah</em><em>&nbsp;</em><em>olahan pudding </em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>a</em><em>k</em><em>anan</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>en</em><em>j</em><em>a</em><em>di</em><em>&nbsp;</em><em>h</em><em>i</em><em>d</em><em>a</em><em>n</em><em>g</em><em>an</em><em>&nbsp;</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>g </em><em>m</em><em>e</em><em>n</em><em>g</em><em>g</em><em>u</em><em>g</em><em>ah </em><em>&nbsp;</em><em>se</em><em>l</em><em>e</em><em>ra. </em><em>U</em><em>n</em><em>t</em><em>u</em><em>k </em><em>b</em><em>i</em><em>s</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>ak </em><em>d</em><em>e</em><em>ng</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>b</em><em>aik</em><em>&nbsp;</em><em>d</em><em>an</em><em>&nbsp;</em><em>b</em><em>e</em><em>n</em><em>ar</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>b</em><em>u</em><em>t</em><em>u</em><em>h</em><em>k</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>p</em><em>elati</em><em>h</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>d</em><em>e</em><em>n</em><em>g</em><em>an</em><em>&nbsp;</em><em>ca</em><em>r</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>g </em><em>b</em><em>e</em><em>n</em><em>a</em><em>r</em><em>.</em><em>&nbsp;</em><em>&nbsp;</em><em>P</em><em>rodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Fakutas Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>el</em><em>a</em><em>k</em><em>u</em><em>k</em><em>a</em><em>n </em><em>k</em><em>e</em><em>g</em><em>i</em><em>a</em><em>tan</em><em>&nbsp;p</em><em>elat</em><em>i</em><em>h</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>ak </em><em>l</em><em>a</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>y</em><em>a</em><em>r</em><em>a</em><em>k</em><em>at</em><em>&nbsp;pelatihan pembuatan pudding lukis untuk kesiapan berwirausaha </em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>g</em><em>&nbsp;</em><em>d</em><em>i</em><em>t</em><em>u</em><em>j</em><em>uk</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>un</em><em>t</em><em>u</em><em>k </em><em>siswa</em><em>&nbsp;</em><em>SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya</em><em>.</em><em>&nbsp;T</em><em>u</em><em>j</em><em>u</em><em>an</em><em>&nbsp;</em><em>d</em><em>a</em><em>r</em><em>i</em><em>&nbsp;</em><em>l</em><em>a</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>a</em><em>n pengabdian &nbsp;</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>y</em><em>a</em><em>r</em><em>a</em><em>k</em><em>at</em><em>&nbsp;</em><em>i</em><em>n</em><em>i</em><em>&nbsp;</em><em>a</em><em>d</em><em>al</em><em>a</em><em>h</em><em>&nbsp;</em><em>un</em><em>t</em><em>u</em><em>k</em><em>&nbsp;</em><em>b</em><em>e</em><em>rb</em><em>a</em><em>g</em><em>i</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>ete</em><em>r</em><em>a</em><em>m</em><em>p</em><em>i</em><em>lan</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>a</em><em>k </em><em>d</em><em>a</em><em>n </em><em>p</em><em>e</em><em>ng</em><em>et</em><em>a</em><em>hu</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>e</em><em>p</em><em>a</em><em>d</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>a</em><em>r</em><em>e</em><em>n</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>r</em><em>e</em><em>k</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>b</em><em>u</em><em>t</em><em>u</em><em>hk</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>b</em><em>a</em><em>n</em><em>t</em><em>u</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>u</em><em>n</em><em>t</em><em>u</em><em>k</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>n</em><em>i</em><em>ng</em><em>k</em><em>a</em><em>t</em><em>k</em><em>a</em><em>n </em><em>k</em><em>ete</em><em>r</em><em>a</em><em>m</em><em>p</em><em>il</em><em>a</em><em>n </em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>a</em><em>k </em><em>d</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>pr</em><em>e</em><em>s</em><em>e</em><em>n</em><em>ta</em><em>s</em><em>i</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>a</em><em>k</em><em>a</em><em>n</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>r</em><em>e</em><em>k</em><em>a sebagai kemampuan basic skill untuk kesiapan berwirausaha.</em><em>&nbsp;</em><em>P</em><em>r</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>tes </em><em>d</em><em>ila</em><em>k</em><em>u</em><em>k</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>s</em><em>e</em><em>b</em><em>el</em><em>u</em><em>m</em><em>&nbsp;</em><em>p</em><em>elat</em><em>i</em><em>h</em><em>a</em><em>n</em><em>&nbsp;</em><em>un</em><em>t</em><em>u</em><em>k</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>n</em><em>g</em><em>et</em><em>a</em><em>h</em><em>u</em><em>i</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>ete</em><em>r</em><em>a</em><em>m</em><em>p</em><em>i</em><em>l</em><em>an </em><em>d</em><em>a</em><em>s</em><em>ar</em><em>&nbsp;</em><em>d</em><em>an </em><em>p</em><em>e</em><em>ng</em><em>et</em><em>a</em><em>hu</em><em>a</em><em>n </em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>a</em><em>k</em><em>&nbsp;</em><em>pudding lukis,</em><em>&nbsp;a</em><em>kh</em><em>ir</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>e</em><em>g</em><em>ia</em><em>t</em><em>an</em><em>&nbsp;p</em><em>el</em><em>a</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>a</em><em>n </em><em>p</em><em>e</em><em>ng</em><em>et</em><em>a</em><em>hu</em><em>a</em><em>n </em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>a</em><em>k</em><em>&nbsp;</em><em>te</em><em>r</em><em>u</em><em>t</em><em>a</em><em>m</em><em>a</em><em>&nbsp;pudding </em><em>,</em><em>&nbsp;a</em><em>kh</em><em>ir</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>e</em><em>g</em><em>ia</em><em>t</em><em>an</em><em>&nbsp;p</em><em>el</em><em>a</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>a</em><em>n </em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>y</em><em>a</em><em>r</em><em>a</em><em>k</em><em>at </em><em>d</em><em>il</em><em>a</em><em>k</em><em>uk</em><em>a</em><em>n </em><em>po</em><em>s</em><em>t</em><em>&nbsp;</em><em>t</em><em>e</em><em>s</em><em>t</em><em>&nbsp;</em><em>u</em><em>n</em><em>t</em><em>u</em><em>k</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>ng</em><em>et</em><em>a</em><em>h</em><em>u</em><em>i </em><em>e</em><em>f</em><em>e</em><em>k</em><em>t</em><em>i</em><em>v</em><em>i</em><em>t</em><em>as </em><em>p</em><em>elati</em><em>h</em><em>a</em><em>n </em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>a</em><em>k </em><em>pudding lukis</em><em>&nbsp;</em><em>y</em><em>a</em><em>n</em><em>g</em><em>&nbsp;</em><em>tel</em><em>a</em><em>h</em><em>&nbsp;</em><em>d</em><em>ila</em><em>k</em><em>u</em><em>k</em><em>a</em><em>n</em><em>.</em><em>&nbsp;</em><em>K</em><em>e</em><em>g</em><em>iat</em><em>a</em><em>n </em><em>p</em><em>elat</em><em>i</em><em>h</em><em>an</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>ak </em><em>k</em><em>e</em><em>p</em><em>a</em><em>d</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>a</em><em>n</em><em>gg</em><em>o</em><em>ta</em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>el</em><em>a</em><em>s</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>a</em><em>k </em><em>S</em><em>i</em><em>s</em><em>w</em><em>a</em><em>&nbsp;</em><em>S</em><em>M</em><em>A</em><em>&nbsp;</em><em>Wachid Hasyim 5 Surabaya</em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>il</em><em>i</em><em>k</em><em>i</em><em>&nbsp;p</em><em>e</em><em>ng</em><em>a</em><em>r</em><em>u</em><em>h </em><em>po</em><em>s</em><em>itif </em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>a</em><em>r</em><em>e</em><em>n</em><em>a </em><em>&nbsp;</em><em>a</em><em>n</em><em>gg</em><em>o</em><em>ta </em><em>&nbsp;</em><em>k</em><em>l</em><em>u</em><em>b </em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>m</em><em>a</em><em>s</em><em>ak </em><em>&nbsp;</em><em>m</em><em>e</em><em>n</em><em>j</em><em>a</em><em>d</em><em>i </em><em>&nbsp;</em><em>le</em><em>b</em><em>ih </em><em>&nbsp;</em><em>t</em><em>e</em><em>r</em><em>a</em><em>m</em><em>p</em><em>il</em></p> Rina Asmaul, Diana Evawati, Susilowati, Yunus Karyanto, Agus Ridwan Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7864 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI: KEBERSIHAN DIRI DAN MANAJEMEN MENSTRUASI https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/6929 <p>Setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik tidak terkecuali narapidana. Hal ini dikarenakan, kesehatan merupakan salah satu aspek penting dari Hak Asasi Manusia. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan berupa pelayanan kesehatan reproduksi. Pelayanan tersebut diperlukan agar setiap orang bisa lebih memahami pentingnya kesehatan reproduksi khususnya untuk remaja putri dan para ibu. Hal ini dikarenakan, tidak semua orang sudah paham dan peduli akan kesehatan tersebut. &nbsp;Sehubungan dengan itu, kondisi masyarakat di Desa Kandangan memiliki resiko terhadap penyakit menular dan kesehatan reproduksi. Dengan demikian, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi ke masyarakat desa khususnya untuk remaja putri dan para ibu. Hasil sosialisasi tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan sosialisasi kesehatan reproduksi yang dilakukan berjalan dengan baik. Hal ini diwujudkan dengan adanya program-program yang membantu remaja putri dan para ibu dalam mengetahui kondisi kesehatan reproduksinya dan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.</p> Amelia Widya Hanindita, Lince Yayuk Kusdarini, Aninda Rusmin, Marquita Da Silva Ximenes, Margaretha Nilam Sari, Rika Alifianti Hafsah Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/6929 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL HASIL PTK BAGI GURU SMP/MTS KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7857 <p><em>Guru profesional harus memunyai berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan menulis artikel, khususnya hasil PTK. Artikel hasil PTK perlu dibuat guru dalam untuk kenaikan pangkat, jabatan, dan golongan sehingga mengalami peningkatan karier, guru juga mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru belum mampu menulis artikel. </em></p> <p><em>Metode pelaksanaan PkM ini, yaitu obeservasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap observasi lapangan adalah tim PkM menentukan tiga kriteria yaitu objek, materi, dan organisasi. Pada tahap pelaksanaan, tim PkM melakukan pelatihan dan bimbingan secara berkala kepada peserta dalam membuat penulisan artikel hasil PTK melalui email. Tahap evaluasi yaitu PkM melakukan revisi dengan mengecek hasil penulisan artikel hasil PTK yang dibuat oleh peserta.</em><em> Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) </em><em>guru sudah dapat menulis artikel hasil PTK, (2) guru dalam menulis artikel hasil PTK masih ditemukan yang belum sesuai, misalnya metode kurang tepat, literatur terlalu lama, dan pembahasan kurang tajam. Beberapa guru belum menyelesaikan revisi sampai pelaksanaan PkM berakhir. Hal tersebut disebabkan waktu yang terbatas.</em></p> Ira Eko Retnosari, Tri Indrayanti, Sunu Catur Budiyono, Encil Puspitoningrum Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7857 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN NEARPOD DI SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL IMAN https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7834 <p><em>The purpose of this act of community service was to improve the teacher’s proficiency with using Nearpod technology to enhance learning aactivity in the classroom. As a result, this activity has an effect on enhancing instructors' abilities and competency in engaging and imaginative learning. The workshop approach was used to conduct the activity, and the last step was to distribute surveys. The information was gathered using a questionnaire with nine questions. The findings of the questionnaire are described, and data is provided and examined. According to the findings, the Nearpod interactive learning workshop activities at Nurul Iman Islamic Elementary School received a favorable reaction, had an influence, and improved the instructors' abilities.&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords: Elementary School, Interactive Learning, Nearpod</em></p> Tri Achmad Efendi, Apsari Fajar Prihantini, Sri Nurhidayah, Dewi Rosaria Indah, Sulistiyani Sulistiyani, Akhmad Idris, Nur aini Saura Putri, Dian Purnama Sari Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7834 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 FALSIFIKASI PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7804 <p>Menulis merupakan salah satu kompetensi yang menjadi asesmen dalam melihat kompetensi atau level literasi pembelajar. Seminar dan pelatihan pengabdian masyarakat yang dilakukan peneliti mengungkapkan masalah bahwa banyak guru melakukan beberapa kekeliruan dalam memperlakukan teks bacaan dan kepenulisan sehingga menyulitkan siswa dalam belajar menulis. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data berupa pernyataan hasil dari forum diskusi kelompok. Subjek penelitian adalah beberapa guru Bahasa Inggris SMA Negeri Olahraga Sidoarjo. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuisioner tertutup dengan tujuan agar peneliti mendapat data mutlak. Kuisioner tertutup ini memuat 5 pertanyaan terkait publikasi. Kuisioner tertutup memuat opsi jawaban 4 dengan skala positif dan negatif. Langkah pengumpulan data menyesuaikan dengan prosedur pengabdian kepada masyarakat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis konten dengan tujuan untuk mengeksplorasi jawaban dari para responden penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan proses pengajaran dan pembelajaran yang justru membuat siswa memiliki kompetensi menulis yang kurang baik. Falsifikasi tersebut terjadi karena guru berfokus pada bagaimana anak memahami jenis teks, struktur organisasi teks, dan pemahaman kognitif, bukan praktik. Oleh karena itu, siswa memiliki beban berlebih pada level pemahaman, bukan pada lebih praktik atau menciptakan, padahal kompetensi menulis terlihat dari aspek praktiknya, bukan pemahamannya</p> Nukmatus Syahria, Ferra Dian Andanty, Rahmat Setiawan, Salim Nabhan, Hapsari Mutya Rini, Hizkia Tri Wibawa Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7804 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 STRATEGI PENYUSUNAN MODUL AJAR LISTENING-SPEAKING BERBASIS PROYEK DALAM KURIKULUM MERDEKA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7792 <p><em>Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan Modul Ajar berbasiskan proyek untuk mata pelajaran bahasa Inggris terutama keahlian menyimak (listening) dan berbicara (speaking) bagi guru SMA di wilayah kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Modul ajar berbasiskan proyek menjadi pilihan tepat karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah kesesuaian dengan Kurikulum Merdeka. Sementara kemampuan menyusun dan mengembangkan Modul Ajar bagi para guru memerlukan peningkatan terlebih di era teknologi dan kecerdasan buatan pada saat ini. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pelaksanaan berupa bimbingan teknis. Data diperoleh dari observasi selama pelaksanaan kegiatan pelatihan, bimbingan teknis serta dokumen hasil Modul Ajar oleh para guru sebagai peserta yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris tingkat SMA di wilayah Sidoarjo. Melalui metode Bimbingan Teknis, strategi yang dilakukan berfokus pada penguatan penusunan Modul Ajar dan beberapa guru telah berhasil membuat Modul Ajar berbasiskan proyek. Namun, kesinambungan bimbingan teknis perlu dijaga untuk meningkatan kualitas Modul Ajar sehingga ke depan dapat dicapai perangkat pembelajaran yang makin inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik. </em></p> Fajar Susanto, Rahmad Hidayat, Endang M. Rahayu, Hertiki, Armelia Nungki Nurbani, Dzul Kamalil Qorihah Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7792 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BINOMIAL BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA SE-SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7692 <p><em>Rendahnya kemampuan literasi numerasi berakibat pada kesulitan yang dialami peserta didik dalam menerapkan berbagai macam konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. Guru harus memiliki kemampuan dalam memperkaya wawasan peserta didik untuk meminimalisir kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik khususnya pemahaman pada materi Binomial. Media pembelajaran menjadi alat bantu yang efektif untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara di SMA Negeri 22 diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa guru yang masih kurang mampu memahami dan mengembangkan media pembelajaran matematika khususnya pada materi Binomial. Sehingga, dilaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat program studi Pendidikan Matematika pada guru-guru MGMP se-Surabaya yang bertempat di aula SMA Negeri 22 Surabaya. Tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran matematika materi Binomial. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan workshop sejumlah 43 orang. Berdasarkan hasil angket yang diberikan mayoritas guru sangat puas dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan. Lebih dari 50% guru memiliki kemampuan baru khususnya pengembangan media pembelajaran Binomial.</em></p> Eko Sugandi, Rani Kurnia Putri, sunyoto hadi prayitno, Nur Fathonah, Sri Rahmawati Fitriatien Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7692 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KEARIFAN LOKAL PASURUAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PAUD https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7605 <p><em>Modul ajar memiliki peran utama bagi guru dalam merancang pembelajaran. Dalam merancang modul ajar guru harus memiliki kemampuan berpikir untuk berinovasi. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi pedagogik yang perlu dikembangkan seperti teknik mengajar di dalam kelas agar lebih efektif, efisien, dan tidak keluar pembahasan dari tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Namun pada kenyataannya ada ketidakseimbangan dan ketidaksiapan antara tuntutan dan kemampuan para pendidik yang belum sepenuhnya siap dengan berbagai konsekuensi dalam mengembangkan modul ajar sesuai dengan kearifan lokal berbasis Kurikulum Merdeka. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu guru-guru dalam mengembangkan modul ajar sesuai dengan kearifan lokal berbasis kurikulum merdeka guna menunjang terselenggaranya pembelajaran yang lebh kreatif dan inovatif.</em></p> <p><em>Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan yang diawali dengan 1) tahap persiapan berupa survei lokasi, observasi, dan wawancara awal, serta penyusunan jadwal; 2) tahap pelaksanaan berupa seminar dan pelatihan: serta 3) tahap evaluasi. Dari pengabdian ini dapat diperoleh hasil bahwa pendidik masih kebingungan dalam mengeimplementasikan kurikulum merdeka di satuan pendidikan kemudian diberikan materi tentang implementasi kurikulum merdeka dengan penyusunan pengembangan modul ajar berbasis kearifan lokal yang ada di di Pasuruan. Pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini membuka cakrawala pengetahuan guru cara menyusun dan mengembangkan modul ajar kearifan lokal Pasuruan yang berbasis kurikulum merdeka agar dalam proses pembelajaran di kelas siswa dapat berpikir secara kreatif, inovatif, dan bermakna sehingga tidak terpaku pada ruang kelas serta waktu efektif sekolah.</em></p> Suhartini Nurul Azminah, Alifina Citrasukmawati , Evi Widayanti, Apsari Fajar Prihantini, Rizka Nur Oktaviani, Wisnu Kristanto, Nur Aini Saura Putri Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7605 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 EMPOWERING WOMEN THROUGH MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMES) TO HELP THE FAMILY ECONOMY IN PISANGAN, EAST CIPUTAT https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7577 <p><em>Empowering women through micro and small businesses has many benefits, including increasing the economic capacity of the family and helping to strengthen the position of women in the family and society. The reason the researcher chose this title is because the researcher wanted to find out how </em><em>Empowering Women Through Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) can Help the Family Economy in Pisangan, East Ciputat. The method used in this study is a quantitative method in the form of a questionnaire. The result of this study examines the impact of micro, small, and medium enterprises on women enterpreneurs and their potential development. The data analysis reveals that MSMEs play a significant role in empowering women and contributing to their economic independence. The majority of women MSME owners did not require specialized training to initiate and grow their businesses, yet achieved remarkable success. Moreover, they did not face gender-based discrimination, although some acknowledged challenges related to limited social support and work-life balace. The findings suggest that MSMEs empower women by enchanging their confidence, enabling financial independence, and providing opportunities for skill development. Women MSME owners contribute to their family’s economy, alleviate financial stress, and improve living standards through additional income generation. Overall, MSME are instrumental in empowering women and strengthening their position in society.</em></p> Moh Gufron, Wahyu Nengsih Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7577 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN PENULISAN BEST PRACTICE PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMPN DAN MTSN DI KECAMATAN PANGGUL, KABUPATEN TRENGGALEK https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7926 <p><em>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penulisan best practice hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru-guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek. Best practice merupakan praktik terbaik didasarkan pada teknik berulang yang telah terbukti menjadi cara paling efektif dan efisien untuk memecahkan masalah. Best practice adalah “praktik terbaik” dari keberhasilan seorang guru atau sekelompok guru dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolah. Best practice tersebut ditindaklanjuti dalam penulisan karya ilmiah. Berdasakan observasi awal pada penulisan best practice guru-guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek diperoleh informasi bahwa guru belum memahami penulisan best practice hasil PTK. Dengan demikian, tujuan n program pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru menulis best practice. Program dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan memberi sosialisasi dan pendampingan. Program diikuti 1</em><em>3</em><em> dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya bekerja sama dengan Universitas Hasyim Asyari dan sebagai narasumber dan pendamping serta </em><em>2</em><em>7 guru SMPN dan MTsN sebagai sasaran program. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pelatihan, yaitu peningkatan kemampuan menulis best practice pada guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek. Selain itu, hasil penilaian diri tentang peningkatan pemahaman para guru SMPN dan MTsN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek setelah pelatihan tentang menulis best practice.</em></p> Mimas Ardhianti; Eko Cahyo Prawoto, Agung Pramujiono, Sri Budi Astuti Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7926 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 WORKSHOP PENYUSUNAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK GURU SMA SE-SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7896 <p>Bahan ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran, untuk itu pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum yang ada, artinya bahan ajar yang akan dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui kurang adanya pelatihan dan informasi kepada guru mengenai cara penyusunan bahan ajar yang tepat, khususnya kepada kelompok guru MGMP Matematika SMA se-Surabaya . Untuk itu, tim pelaksana PPM Prodi Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Workshop Penyusunan Bahan Ajar. Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan kurang lebih satu bulan mulai tanggal 2 Mei-2 Juni 2023 yang dilaksanakan di SMA Negeri 22 Surabaya. Kegiatan ini diawali dengan memberikan materi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun bahan ajar matematika pada tanggal hari Sabtu tanggal 6 Mei 2023. Selanjutnya, pada tanggal 13 Mei 2023 dilaksanakan lokakarya penyusunan bahan ajar sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru di sekolah. Mengingat cakupan materi yang cukup banyak, kegiatan ini tidak dapat diselesaikan dalam satu kali pertemuan pelatihan, oleh karenanya dilakukan pendampingan oleh tim secara daring. Proses pendampingan dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei – 2 Juni 2023. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Prodi Pendidikan Matematika berjalan lancar dan sukses. Peserta merasa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kemampuan guru dalam penyusunan bahan ajar yang baik dan inovatif.</p> Silviana Maya Purwasih, Moh. Syukron Maftuh, Lydia Lia Prayitno, Hanim Faizah, Susilo Hadi Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7896 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN KETRAMPILAN MERIAS WAJAH (MAKE UP FANCY) DI SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7830 <p><em>Tata rias fancy merupakan tata rias fantasi khususnya dilakukan pada wajah. Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya bertujuan untuk membekali siswa dalam ketrampilan kecantikan khususnya merias wajah fancy. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini tahap 1 perencanaan, tahap 2 Pengarahan, Tahap 3 bimbingan dan tahap 4 pengajaran praktik. Hasil dari ketrampilan yang telah dilakukan oleh siswa yang melakukan parktik 90% mirip dengan hasil demostrasi yang dilakukan oleh TIM. Tata rias fancy yang menggunakan tema kupu-kupu dilakukan siswa step dan step sesuai dengan arahan dan bimbingan dari TIM sehingga menghasilkan karya yang sesuai dengan desain yang telah dibuat.</em></p> Fatmasari Fitria Hansyah , Ria Andriani Mukti, Iut Nuraini, Enny Puri Rahayu, Ternandia Paramita Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7830 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 TEKNIK BUDIDAYA SAYURAN SECARA HIDROPONIK SISTEM DFT PADA SISWA SMA ISLAM PERLAUNGAN SIDOARJO https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7474 <p><em>In order to develop lessons and research in the field of Natural Sciences, especially in the field of Biology for Perlaungan Islamic High School students in Sidoarjo, the Biology Study Program Community Service Team held hydroponic technique training for Perlaungan Islamic High School students. The purpose of this service is to provide information and knowledge to Perlaungan Islamic High School students about hydroponic techniques, so that the knowledge gained from this training can be continued at their schools to support better biology learning. The implementation was carried out in an interesting way and to monitor its progress and implementation, an evaluation was carried out in the form of a pre-test and post-test and then analyzed. This activity increased students' knowledge of hydroponic cultivation techniques by 56.33%.</em></p> Arif Yachya, ngadiani, Diah Karunia Binawati, Sukarjati, Vivin Andriani, Purity Sabila Ajiningrum, Ekiq Naufal Zaki Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7474 Mon, 31 Jul 2023 00:00:00 +0700 PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL BIDANG TATA BUSANA DALAM KESIAPAN LULUSAN DI MA NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7943 <p>Mempersiapkan siswa-siswi sebelum lulus sekolah menengah atas sangatlah dibutuhkan karena dengan mempersiapkan anak didik sebelum lulus sekolah sangat di butuhkan selain sebagai bekal untuk siswa juga menjadi ajang promosi suatu sekolah tersebut. Salah satu yang dilakukan oleh jurusan PVKK Fakulta Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam program Tridarma sebagai kewajiban dari dosen melakukan pengabdian pada masyarakat di MA Nurul Huda Sidorarjo dengan Judul Pelatihan Soft Skill Bidang Tata Busana dalam kesiapan Lulusan di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Diharapkan dapat membatu siswa mempermudah mencari kerja dengan melakukan pelatihan melukis pada kain untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam bekerja. Tujuan dari pelatihan ini adalah menghasilkan lulusan yang siap bekerja setelah lulus dalam bidang busana dengan membekali pelatihan melukis pada kain, hasil yang diharapkan siswa - siswi antusias dan termotivasi mengikuti pelatihan dengan baik sehingga permasalahan kesiapan bekerja dengan ketrampilan yang ada tercapai. Hasil dari pelatihan pengabdian pada masyarakat menghasikan hasil yang sangat baik dapat dilihat dari hasil lukisan pada kain yang dihasikan.</p> Agus Ridwan Mbh, Sulistiami, Atiqoh, Saberina, Widianti Mafika Sari Copyright (c) 2023 Pancasona : Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pancasona/article/view/7943 Thu, 10 Aug 2023 00:00:00 +0700