Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Milenial bagi Guru SMP-SMA di Kecamatan Wadeng, Kabupaten Gresik

 Abstract views: 171

Authors

  • Eko Cahyo Prawoto UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
  • Rahayu Pujiastuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Taufik Nurhadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ira Eko Retnosari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Indayani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/penamas.vol4.no1.a2377

Keywords:

merdeka belajar, perangkat pembelajaran milenial

Abstract

Setiap pendidik diwajibkan untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, efektif, dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik untuk berpatisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Namun demikian, dalam realitasnya masih terdapat banyak kesulitan yang dihadapi oleh pendidik, utamnya dalam menyusun perangkat pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh sebab itu diperlukan pelatihan bagi pendidik dalam menyusun pengakat pembelajaran dalam bentuk Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Program Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan oleh Tim Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pada 3 Februari s.d. 29 Februari 2020.  Dengan tema “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menuju Merdeka Belajar” Subtema “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Milenial”, direncanakan selama 1 bulan sesuai dengan program Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia semester Genap 2020 UNIPA Surabaya.  Kegiatan PPM yang diselenggarakan oleh Tim Prodi PBI UNIPA Surabaya berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pelatihan yang telah dilaksanakan, bahwa semua peserta dapat menyusun perangkat pembelajaran milenial, serta 88% peserta memberikan respon positif terkait dengan pelatihan yang dilaksanakan. Sebab peserta mendapat banyak wawasan baru utamanya berkaitan dengan penyusunan perangkat pembelajaran milenial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-08

Most read articles by the same author(s)