PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRODUK-PRODUK UNGGULAN DAERAH DAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN LAMONGAN

 Abstract views: 66

Authors

  • Cicik Alfiniyah Universitas Airlangga
  • Nashrul Millah Universitas Airlangga
  • Asri Bekti Pratiwi Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.36456/penamas.vol5.no02.a4311

Keywords:

Media promosi, prodk unggulan, teknologi informasi, wisata alam daerah

Abstract

Salah satu sebab rendahnya perkembangan potensi ekonomi daerah adalah kurang tersebarnya informasi terkait produk-produk unggulan dan wisata alam daerah pada masyarakat luas. Hal ini yang mendasari dilakukannya program pengabdian kepada masyarakat di desa Kranji. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan dan pendampingan pembuatan website sebagai media promosi produk-produk unggulan dan wisata daerah berbasis teknologi informasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu penyebaran informasi terkait potensi daerah sehingga meningkankan pendapatan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam empat tahapan, yaitu: koordinasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Keberhasilan pelatihan dievaluasi dari nilai pretest dan posttest peserta yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 25%. Selain itu, didapatkan output berupa website yang telah dibuat oleh peserta berisikan potensi-potensi desa Kranji. Hasil evaluasi terhadap materi, narasumber, dan fasilitas pelatihan juga menunjukkan respon positif dari peserta dengan nilai 4,3 dari skala 5.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-31