PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK SECARA ONLINE PADA UMKM DESA KLANGON KABUPATEN MADIUN

 Abstract views: 50

Authors

  • Edi Winarko Universitas Airlangga
  • Nenik Estuningsih Universitas Airlangga
  • Yayuk Wahyuni Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.36456/penamas.vol7.no02.a7759

Keywords:

pemasaran, UMKM, online, Klangon

Abstract

Desa Klangon terletak 40 km dari pusat kota kabupaten Madiun dan dekat dengan wilayah hutan Saradan. Meskipun letaknya jauh dari pusat kota tetapi fasilitas internet telah tersedia dan dapat diakses dengan baik di desa ini. Selain internet, prasarana jalan menuju desa ini berupa jalan aspal yang baik sehingga memudahkan transportasi. Fasilitas ini dapat menjadi salah satu cara untuk dapat mempromosikan produk UMKM yang banyak terdapat di desa ini sehingga cakupan pemasarannya menjadi lebih luas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam meningkatkan pemasaran produknya melalui pelatihan pemasaran online. Sasaran kegiatan ini adalah pengelola UMKM di Desa Klangon terutama yang memproduksi makanan ringan.  Materi diberikan dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari teori dan praktik langsung, serta dilanjutkan dengan pendampingan yang meliputi pembuatan kemasan yang informatif dan menarik, penyajian foto produk, dan prosedur menawarkan produk di media penjualan online. Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta pelatihan ditunjukkan dengan munculnya produk peserta di media penjualan online

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-30